Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting dan SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) terhadap Prestasi Belajar Materi Geometri, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Self-Concept Siswa Madrasah Aliyah

Jatmiko, Dhanar Dwi Hary (2015) Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting dan SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) terhadap Prestasi Belajar Materi Geometri, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Self-Concept Siswa Madrasah Aliyah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dhanar-dwi-hary-jatmiko-13709251076.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengaruh model pembelajaran probing prompting dan SQ4R ditinjau dari prestasi belajar materi geometri, kemampuan berpikir kreatif, dan self concept siswa, dan (2) model pembelajaran yang lebih berpengaruh antara model pembelajaran probing prompting dengan model pembelajaran SQ4R ditinjau dari prestasi belajar materi geometri, kemampuan berpikir kreatif, dan self-concept siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian mencakup semua siswa kelas X MAN 2 Jember yang terdiri dari 268 siswa. Sampel adalah dua dari sembilan kelas yang dipilih secara acak. Kelas X B yang terdiri dari 33 siswa dan kelas X E yang terdiri dari 33 siswa. Kelas X B diberikan perlakuan dengan model pembelajaran probing prompting dan kelas X E diberikan perlakuan dengan model pembelajaran SQ4R. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar materi geometri, tes kemampuan berpikir kreatif dan angket self-concept siswa. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing prompting dan SQ4R terhadap setiap variabel, data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test pada taraf signifikansi 0,05. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran probing prompting dengan SQ4R, data dianalisis menggunakan T2 Hotelling dengan taraf signifikansi 0,05 dan dianalisis lanjut dengan menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran probing prompting berpengaruh positif ditinjau dari prestasi belajar materi geometri, kemampuan berpikir kreatif, dan self-concept siswa; 2) model pembelajaran SQ4R berpengaruh positif ditinjau dari prestasi belajar materi geometri, kemampuan berpikir kreatif, dan self-concept siswa; 3) terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran probing prompting dan SQ4R ditinjau dari prestasi belajar materi geometri, kemampuan berpikir kreatif, dan self-concept siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran probing prompting, model pembelajaran SQ4R, prestasi belajar materi geometri, kemampuan berpikir kreatif, dan self-concept siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Sep 2015 07:55
Last Modified: 09 May 2019 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26139

Actions (login required)

View Item View Item