Komparasi Pendekatan Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS), Prestasi Belajar dan Curiosity pada Materi Pokok Geometri di Madrasah Aliyah (MA) Kelas X Semester 2

Sutrisno, Deni (2015) Komparasi Pendekatan Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS), Prestasi Belajar dan Curiosity pada Materi Pokok Geometri di Madrasah Aliyah (MA) Kelas X Semester 2. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-deny-sutrisno-13709251074.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keefektifan pendekatan penemuan terbimbing dalam pembelajaran kooperatif TPS ditinjau dari HOTS, prestasi belajar dan curiosity, (2) keefektifan pendekatan penemuan terbimbing dalam pembelajaran kooperatif tipe TSTS ditinjau dari HOTS, prestasi belajar dan curiosity dan, (3) pembelajaran yang lebih efektif antara pendekatan Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif tipe TPS dan tipe TSTS ditinjau dari HOTS, prestasi belajar dan curiosity. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan the pretest-post-test two treatment design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MAN Yogyakarta 3 pada tahun ajaran 2014/2015 dan sampelnya dipilih 2 kelas dari 5 kelas yang ada. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes HOTS (reliabilitas 0,809), tes prestasi belajar matematika (reliabilitas 0,780) dan angket curiosity siswa (reliabilitas 0,673). Untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan penemuan terbimbing dalam pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe TSTS ditinjau dari HOTS, prestasi belajar dan curiosity, data dianalisis secara univariat dengan statistik uji one sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Untuk mengetahui perbedaan keefektifan diukur dengan uji MANOVA dengan kriteria Hotelling’s Trace pada taraf signifikansi 5% dan untuk mengetahui pembelajaran mana yang lebih efektif menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pendekatan penemuan terbimbing dalam pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif ditinjau dari HOTS, prestasi belajar dan curiosity, (2) pendekatan penemuan terbimbing dalam pembelajaran kooperatif tipe TSTS efektif ditinjau dari HOTS, prestasi belajar dan curiosity dan, (3) pendekatan penemuan terbimbing dalam pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih efektif dibandingkan dengan tipe TPS ditinjau dari HOTS dan prestasi belajar dan pendekatan penemuan terbimbing dalam pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih efektif dibandingkan dengan tipe TSTS ditinjau dari curiosity.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penemuan terbimbing, pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, kemampuan berpikir tingkat tinggi, prestasi belajar curiosity
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Sep 2015 07:55
Last Modified: 09 May 2019 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26138

Actions (login required)

View Item View Item