PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SEPAKBOLA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SHORT PASS DALAM PERMASALAHAN TAKTIK MENCETAK ANGKA

Dwi Arif Stiyapranomo (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SEPAKBOLA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SHORT PASS DALAM PERMASALAHAN TAKTIK MENCETAK ANGKA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DWI ARIF.pdf

Download (33MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan akan model permainan sepakbola yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan operan pendek sangat tinggi, terutama di kalangan guru dan pelatih. Hal ini dikarenakan model permainan yang mampu meningkatkan suatu keterampilan tidak mudah untuk didapatkan. Untuk itu, pengembangan model permainan sepakbola merupakan pengembangan suatu produk yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam penelitian dan pengembangan ini, langkah-langkah yang harus ditempuh meliputi: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain dan instrument, (5) revisi desain, (6) ui coba produk, (7) revisi, dan (8) produksi/implementasi produk. Uji coba penelitian dilakukan terhadap 384 peserta didik. Uji coba skala kecil dilakukan kepada 64 peserta didik kelas VII B SMP N 1 Panjatan dan kelas X IIS 1 SMA N 1 Pengasih. Uji coba skala besar dilakukan kepada 160 peserta didik kelas VII A, VII C, VII D, VII E, VII F SMP N 1 Panjatan dan 160 peserta didik kelas X MIA 1, X MIA 2, X MIA 3, X MIA 4, X IIS 2 SMA N 1 Pengasih. Instrumen pengumpul data penelitian meliputi faktor desain dan faktor materi ajar yang masing-masing terdiri dari enam indikator. Teknik analisis data terdiri dari teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil akhir dari penelitian ini berupa sepuluh model permainan sepakbola untuk meningkatkan keterampilan operan pendek dalam permasalahan taktik mencetak angka. Pada akhir tahap penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model permainan untuk meningkatkan keterampilan operan pendek dalam permasalahan taktik mencetak angka memiliki kualitas sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengambangan, model permainan, mencetak angka
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Sep 2015 07:55
Last Modified: 11 Mar 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26136

Actions (login required)

View Item View Item