Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri, Statistika, dan Peluang SMA Kelas X Berbasis Teori Kecerdasan Majemuk Berorientasi pada Pencapaian Kompetensi Menurut Kurikulum 2013

Sartika, Delia (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri, Statistika, dan Peluang SMA Kelas X Berbasis Teori Kecerdasan Majemuk Berorientasi pada Pencapaian Kompetensi Menurut Kurikulum 2013. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-delia-sartika-13709251068.swf

Download (21MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis teori kecerdasan majemuk berdasarkan aspek yang layak (valid, praktis, dan efektif) ditinjau dari kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp. Tahapan model Plomp yaitu: (1) fase penelitian awal, meliputi analisis kebutuhan, analisis karakteristik siswa, analisis kurikulum, dan analisis materi; (2) fase pengembangan, meliputi penyusunan produk, validasi ahli untuk mengetahui kevalidan produk, dan revisi I berdasarkan hasil validasi ahli; (3) fase penilaian, dilakukan untuk menganalisis kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran matematika. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA SMAN 3 Padang. Instrumen yang digunakan adalah: (1) instrumen untuk mengukur kevalidan, meliputi lembar validasi; (2) instrumen untuk mengukur kepraktisan, meliputi lembar penilaian guru, lembar respon siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran; (3) instrumen untuk mengukur keefektifan, meliputi tes prestasi, angket sikap spiritual, dan angket sikap sosial. Analisis data kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan cara mengkonversi skor aktual yang diperoleh menjadi data kualitatif skala lima. Analisis keefektifan dilakukan dengan cara menentukan persentase ketuntasan siswa pada tes prestasi dan menentukan persentase banyak siswa pada masing- masing kategori untuk angket. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis teori kecerdasan majemuk berupa RPP dan LKS yang valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kategori valid. Hasil uji coba lapangan juga menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut dinilai praktis dan efektif. Aspek kepraktisan mencapai kategori sangat tinggi jika ditinjau dari penilaian guru dan penilaian siswa. Aspek keefektifan ditinjau dari tes prestasi, angket sikap spiritual, dan angket sikap sosial. Hasil posttest menunjukkan bahwa lebih dari 80% siswa telah mencapai KKM yang ditetapkan, yaitu 80. Hasil angket sikap spiritual dan sikap sosial juga menunjukkan bahwa lebih dari 80% siswa berada dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan layak untuk digunakan ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, teori kecerdasan majemuk
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Sep 2015 07:55
Last Modified: 09 May 2019 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26118

Actions (login required)

View Item View Item