HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KOORDINASI MATA TANGAN DENGAN KEMAMPUAN SERVICE JUMP PADA ATLET BOLAVOLI DHAKSINARGA GUNUNG KIDUL

Fendi Chandra Yudhi (2015) HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KOORDINASI MATA TANGAN DENGAN KEMAMPUAN SERVICE JUMP PADA ATLET BOLAVOLI DHAKSINARGA GUNUNG KIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Fendi Chandra Yudhi_11601247154.pdf

Download (41MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah terdapat indikasi bahwa ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dan koordinasi mata tangan dengan kemampuan service jump. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kekuatan otot lengan dan koordinasi mata tangan terhadap kemampuan service jump atlet bolavoli Dhaksinarga Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional menggunakan metode survai dengan teknik pengambilan datanya menggunakan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah atlet bolavoli Dhaksinarga Gunung Kidul yang berjumlah 19 orang yang diambil dengan teknik purposive random sampling. Adapaun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur kekuatan otot lengan menggunakan modifikasi single hand push test (Johnson, dkk. yang dikutip oleh Hariyanto, 2006: 16), koordinasi mata dan tangan dengan menggunakan tes melempar tangkap bola yang dipantulkan ke dinding (Baumgarter, Jackson, Mahar, & Rowe, 2007: 343), kemampuan service jump AAHPER serving accuracy tes (M. Yunus, 1991: 202). Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment, regresi sederhana dengan taraf signifikan 5%. Hasil uji hipotesis dapat di simpulkan bahwa: 1) ada hubungan yang kuat dan signifikan antara kekuatan otot lengan dengan kemampuan service jump atlet bolavoli putra Dhaksinarga Gunung Kidul. 2) ada hubungan yang kuat dan signifikan antara koordinasi mata tangan dengan kemampuan service jump atlet bolavoli putra Dhaksinarga Gunung Kidul. 3) ada hubungan yang kuat dan signifikan antara kekuatan otot lengan dan koordinasi mata tangan dengan kemampuan service jump atlet bolavoli putra Dhaksinarga Gunung Kidul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hubungan, kekuatan otot lengan, koordinasi mata tangan, kemampuan service jump, atlet, bolavoli
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Sep 2015 07:55
Last Modified: 11 Mar 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26111

Actions (login required)

View Item View Item