PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IP ADDRESSING BERBASIS WEB UNTUK SISWA KELAS XI TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NEGERI 1 SEDAYU

Aulia, Ahmad Nur Utomo (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IP ADDRESSING BERBASIS WEB UNTUK SISWA KELAS XI TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NEGERI 1 SEDAYU. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
10520244014_AULIA AHMAD NUR UTOMO.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IP ADDRESSING BERBASIS WEB UNTUK SISWA KELAS XI TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NEGERI 1 SEDAYU Oleh Aulia Ahmad Nur Utomo 10520244014 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran IP Addressing berbasis web dan (2) mengetahui kualitas media pembelajaran IP Addressing berbasis web yang dibuat. Penilaian kualitas media pembelajaran dilihat dari segi media, materi dan dari segi pengguna. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau dikenal dengan metode Research and Development. Model pengembangan mengacu pada Waterfall model oleh Martin Fowler mengenai pengembangan suatu perangkat lunak. Pada tahap desain berupa desain program menggunakan UML dan desain User Interfaces. Tahap Pengujian yang dilakukan dibagi dalam dua tahap yaitu alpha testing yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi serta beta testing yang dilakukan oleh siswa kelas XI TKJ SMK N 1 Sedayu. Instrumen penelitian menggunakan angket tertutup dan angket terbuka.Pengujian dilakukan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran yang dikembangkan. Pengembangan yang dilakukan menghasilkan produk berupa media pembelajaran IP Addressing berbasis website. Proses pengembangan terdiri dari (1) analisis, (2) desain yang dibagi menjadi 2 yaitu desain program dan desain tampilan, (3) implementasi berupa proses koding dan (4) pengujian berupa penilaian kualitas media. Hasil penilaian media pembelajaran yang didapat yaitu: (1) Ahli media menunjukkan bahwa website telah sesuai dengan Web Standar Checklist, sehingga media pembelajaran telah memenuhi standar kualitas sebuah website. (2) Penilaian oleh ahli materi didapat skor total 138 dengan persentase 86,25% dan masuk pada kategori sangat baik pada skala Likert. (3) Penilaian pengguna yang dilakukan langsung oleh siswa didapat skor total 4635 dengan persentase 81,32% dan masuk pada kategori sangat baik pada skala Likert. Dengan demikian hasil dari keseluruhan penilaian dilihat pada tiga segi aspek tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IP Addressing berbasis web yang dibangun mempunyai kualitas yang baik. Sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Pengembangan, Website, Kualitas, Research

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 10 Sep 2015 02:57
Last Modified: 30 Jan 2019 03:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26110

Actions (login required)

View Item View Item