Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA

Yektyastuti, Resti (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-resti-yektyastuti-13708251030.swf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik media pembelajaran kimia berbasis android pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan untuk peserta didik SMA; 2) mengetahui kriteria kualitas media pembelajaran yang dikembangkan; serta 3) mengetahui perbedaan peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan media pembelajaran kimia berbasis Android dengan peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis Android. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall. Pengembangan dilakukan melalui enam tahapan yaitu pengumpulan informasi, perencanaan produk, pengembangan produk, validasi produk, evaluasi produk, dan diseminasi. Validasi produk dilakukan oleh satu ahli materi kimia, satu ahli media pembelajaran, lima guru kimia, dan lima peer reviewer. Uji coba produk dilakukan pada peserta didik kelas XI IPA SMAN 10 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian kualitas media, angket motivasi belajar, dan soal tes hasil belajar kognitif. Hasil penelitian adalah: (1) software media pembelajaran kimia berbasis Android dengan karakteristik dapat dioperasikan dengan menggunakan perangkat Android, mendukung pembelajaran kimia SMA pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, dapat digunakan di dalam maupun di luar pembelajaran kimia di sekolah, serta menyajikan penjelasan materi, contoh soal, dan latihan soal dalam bentuk permainan yang bervariasi, menarik, dan interaktif; 2) bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria kualitas sangat baik berdasarkan penilaian ahli materi, peer reviewer, dan guru kimia dan memiliki kriteria kualitas baik berdasarkan penilaian ahli media pembelajaran dan peserta didik; serta 3) bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan media pembelajaran berbasis Android dengan peserta didik yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis Android.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media pembelajaran, Android, kimia, motivasi belajar, kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Sep 2015 07:55
Last Modified: 09 May 2019 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26097

Actions (login required)

View Item View Item