HUBUNGAN KECEPATAN, KELENTUKAN, DAN POWER TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN BERMAIN BULUTANGKIS PADA ATLET PUTRA USIA 15-16 TAHUN DI KLUB BULUTANGKIS SE KABUPATEN KLATEN

Haswaka Nurfatah Yuli Hermawan, (2015) HUBUNGAN KECEPATAN, KELENTUKAN, DAN POWER TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN BERMAIN BULUTANGKIS PADA ATLET PUTRA USIA 15-16 TAHUN DI KLUB BULUTANGKIS SE KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecepatan, kelentukan, dan power tungkai terhadap kemampuan bermain bulutangkis pada atlet usia 15-16 tahun di Klub Bulutangkis se Kabupaten Klaten. Metode yang digunakan adalah survei, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet di klub bulutangkis yang berada di bawah Pengkab PBSI Klaten yang masih aktif melakukan pembinaan, yaitu: PB. Kusuma, PB. Thokewoh, dan PB. APK yang berjumlah 20 atlet. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria: (1) Atlet putra yang telah berlatih di klub minimal 2 tahun, (2) Berusia 15-16 tahun, (3) Telah mengikuti kejuaraan yang diadakan PBSI, (4) Masih aktif mengikuti pelatihan yang dilakukan oleh klub. Berdasarkan kriteria yang memenuhi berjumlah 15 orang. Instrumen untuk mengukur kecepatan diukur menggunakan tes lari 50 m, kelentukan dengan sit and reach, power tungkai dengan tes vertical jump, dan kemampuan bermain bulutangkis dengan tes bermain setengah kompetisi. Analisis data menggunakan korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1)Sumbangan kecepatan dengan kemampuan bermain bulutangkis pada atlet usia 15-16 tahun di Klub Bulutangkis se Kabupaten Klaten sebesar 5,47%. (2)Sumbangan kelentukan dengan kemampuan bermain bulutangkis pada atlet usia 15-16 tahun di Klub Bulutangkis se Kabupaten Klaten sebesar 45,74%. (3)Sumbangan power tungkai terhadap kemampuan bermain bulutangkis pada atlet usia 15-16 tahun di Klub Bulutangkis se Kabupaten Klaten sebesar 39,80%. (4)Sumbangan kecepatan, kelentukan, dan power tungkai terhadap kemampuan bermain bulutangkis pada atlet usia 15-16 tahun di Klub Bulutangkis se Kabupaten Klaten sebesar 91,1%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kecepatan, kelentukan, power tungkai, kemampuan bermain bulutangkis
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Sep 2015 07:55
Last Modified: 10 Sep 2015 07:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26095

Actions (login required)

View Item View Item