Keefektifan Problem-Based Learning pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama

Sholfiani, Yunita Kurnia (2015) Keefektifan Problem-Based Learning pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yunita-kurnia-sholfani-13708259042.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan keefektifan penerapan model problem-based learning pada pembelajaran IPA materi suhu dan perubahanna untuk meningkatkan: (1) hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor; (2) hasil belajar kognitif; (3) hasil belajar afektif; serta (4) hasil belajar psikomotor peserta didik kelas VII SMP N 1 Talang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiments dengan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Talang Tegal Jawa Tengah pada semester genap Tahun ajaran 2014/2015. Sampel sebanyak dua kelas ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan model problem-based learning, sedangkan kelas kontrol menggunakan model discovery learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, angket, dan tes. Angket sikap diberikan untuk mengungkapkan kemampuan afektif peserta didik sebelum dan setelah perlakuan. Observasi dilakukan untuk menilai ranah afektif yang berupa observasi sikap, dan kemampuan psikomotor peserta didik pada saat kegiatan percobaan. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif untuk materi suhu dan perubahannya sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas data dan uji homogenitas varians serta uji korelasi dengan menggunakan Pearson correlation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model problem-based learning pada pembelajaran IPA materi suhu dan perubahannya melalui efektif untuk meningkatkan (1) hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor; (2) hasil belajar kognitif; (3) hasil belajar afektif; serta (4) hasil belajar psikomotor peserta didik kelas VII SMP N 1 Talang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model problem based learning, hasil belajar kognitif, hasil belajar afektif, hasil belajar psikomotor
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Sep 2015 07:55
Last Modified: 09 May 2019 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26093

Actions (login required)

View Item View Item