Pengembangan LKPD IPA Berbasis Pendekatan Ilmiah untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Kognitif Produk Peserta Didik SMP

Trihastuti, Yuliana Rita Ana (2015) Pengembangan LKPD IPA Berbasis Pendekatan Ilmiah untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Kognitif Produk Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yuliana-rita-ana-trihastuti-13708259050.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kelayakan LKPD IPA berbasis pendekatan ilmiah yang dikembangkan berdasarkan hasil penilaian dosen ahli, guru IPA, dan teman sejawat yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar kognitif produk peserta didik kelas VII SMP, dan (2) mengukur keefektifan LKPD IPA berbasis pendekatan ilmiah dalam meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar kognitif produk peserta didik kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) yang mengadaptasi model penelitian pengembangan Borg & Gall. Prosedur penelitian ini meliputi (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan penelitian, (3) penyusunan produk pengembangan LKPD, (4) uji coba pendahuluan, (5) revisi hasil uji coba pendahuluan, (6) uji coba kelompok kecil, (7) revisi hasil uji coba kelompok kecil, (8) uji coba lapangan, (9) revisi hasil uji coba lapangan (10) diseminasi produk. Desain uji coba kelompok kecil menggunakan one shot case study design terhadap 16 peserta didik kelas VII SMPN 3 Turi, sedangkan uji coba lapangan menggunakan pretest posttest control group design terhadap peserta didik kelas VII SMPN 3 Turi. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket, observasi, dan tes. Instrumen pengumpulan data meliputi pedoman wawancara, lembar angket, lembar observasi, soal tes keterampilan proses, dan soal tes hasil belajar kognitif produk. Kelayakan LKPD dianalisis dengan menggunakan konversi skor skala 5. Keefektifan LKPD dalam meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar kognitif produk peserta didik pada saat uji coba lapangan dianalisis dengan gain score, paired-samples t test, dan multivariate analysis of variance (MANOVA). Hasil penelitian ini berupa produk LKPD berbasis pendekatan ilmiah dengan tema “Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan” untuk peserta didik SMP kelas VII. Hasil validasi dan uji coba produk menunjukkan bahwa (1) LKPD IPA berbasis pendekatan ilmiah layak digunakan dalam pembelajaran dan (2) efektif dalam meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar kognitif produk peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKPD, pendekatan ilmiah, keterampilan proses, hasil belajar kognitif produk
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Sep 2015 07:55
Last Modified: 09 May 2019 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26091

Actions (login required)

View Item View Item