Pelaksanaan Pembelajaran IPA MTs Menggunakan Scientific Approach Berdasarkan Kurikulum 2013 di Wilayah Kerja Kediri

Riskianto, Yuli (2015) Pelaksanaan Pembelajaran IPA MTs Menggunakan Scientific Approach Berdasarkan Kurikulum 2013 di Wilayah Kerja Kediri. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yuli-riskianto-13708259030.swf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pelaksanaan dan (2) kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPA MTs menggunakan scientific approach berdasarkan Kurikulum 2013 di Wilayah Kerja Kediri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode survei, yang dilakukan tanpa memberikan perlakuan apapun terhadap objek penelitian. Penelitian dilakukan di enam MTs negeri yang berada di lima kabupaten/ kota yang ada di wilayah kerja Kediri yang meliputi: MTsN A Kabupaten Nganjuk, MTsN B Kota Kediri, MTsN C Kabupaten Kediri, MTsN D Kabupaten Kediri, MTsN E Kabupaten Tulungagung dan MTsN F Kabupaten Blitar. Subjek penelitian adalah guru kelas VII MTs. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah mencari mi / mean ideal dengan program microsoft exell 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran IPA MTs menggunakan scientific approach berdasarkan Kurikulum 2013 di wilayah kerja Kediri masuk dalam kategori sangat baik dan (2) kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPA MTs menggunakan scientific approach berdasarkan Kurikulum 2013 di wilayah kerja Kediri adalah kurangnya sarana pendukung yang meliputi: buku siswa dan buku guru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan pembelajaran IPA, scientific approach, Kurikulum 2013
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Sep 2015 07:55
Last Modified: 09 May 2019 02:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26090

Actions (login required)

View Item View Item