Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA SMP dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Proses Sains pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan

Khrisnamurti, Yosephine Ida (2015) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA SMP dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Proses Sains pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yosephine-ida-13708259052.swf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan tingkat kelayakan LKPD IPA dengan pendekatan CTL hasil pengembangan dilihat dari aspek didaktik, aspek konstruksi, dan aspek teknis; 2) Mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik SMP kelas VII; 3) Mengetahui peningkatan keterampilan proses sains peserta didik SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan memodifikasi langkah model pengembangan Borg dan Gall. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Kalikajar tahun pelajaran 2014/2015, yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menerapkan pembelajaran dengan LKPD IPA hasil pengembangan, sedangkan kelompok kontrol menggunakan LKPD yang biasa digunakan di sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket, lembar observasi, dan tes (pretest dan postest) untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan keterampilan proses sains peserta didik. Validasi produk dilakukan oleh dua orang ahli (ahli materi dan ahli media), tiga orang guru IPA, tiga orang teman sejawat, serta sembilan orang peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji multivariat (MANOVA) untuk menganalisis perbedaan rata-rata motivasi belajar dan keterampilan proses sains peserta didik antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) LKPD IPA dengan pendekatan CTL yang telah disusun bernilai baik menurut validator ahli, sangat baik menurut guru IPA, dan sangat baik menurut teman sejawat ditinjau dari aspek didaktik, aspek konstruksi, dan aspek teknis. Pada uji coba lapangan, peserta didik memberikan penilaian baik; 2) LKPD IPA dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMP kelas VII; 3) LKPD IPA dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik SMP kelas VII. Analisis perbedaan skor rata-rata motivasi belajar dan keterampilan proses sains melalui uji multivariat (MANOVA) menghasilkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKPD IPA dengan pendekatan CTL, motivasi belajar, keterampilan proses sains
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Sep 2015 07:54
Last Modified: 09 May 2019 02:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26089

Actions (login required)

View Item View Item