Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Pada Materi Sistem Koloid untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA

Prasetyo, Yogo Dwi (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Pada Materi Sistem Koloid untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yogo-dwi-prasetyo-13708251020.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui karakteristik media pembelajaran kimia berbasis android pada materi sistem koloid untuk peserta didik SMA; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran kimia berbasis android yang dikembangkan; serta (3) mengetahui perbedaan peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan media pembelajaran kimia berbasis android dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan mengadaptasi pada model Borg & Gall dan Dick & Carey yang dimodifikasi menjadi empat bagian yaitu studi pendahuluan, analisis kurikulum, pengembangan produk media pembelajaran, dan evaluasi produk. Penilaian produk dilakukan oleh satu ahli media, satu ahli materi kimia, lima peer reviewer dan lima pendidik kimia. Uji coba produk dilakukan kepada peserta didik kelas XI SMA/MA dengan rincian lima peserta didik MA Sunan Pandanaran untuk uji coba perorangan, 10 peserta didik SMAN 1 Godean untuk uji coba kelompok kecil, dan 32 peserta didik kelas XI SMAN 1 Banguntapan untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian media, angket motivasi, dan tes soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran kimia berbasis android memiliki karakteristik relevan, visualisasi yang jelas dan menarik, fleksibel, dan evaluasi soal variatif; (2) media pembelajaran kimia berbasis android pada materi sistem koloid yang telah dikembangkan dinilai layak digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari penilaian aspek materi dan aspek media, dan hasil uji coba peserta didik; serta (3) terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan media pembelajaran kimia berbasis android dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Koloid
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Sep 2015 07:54
Last Modified: 09 May 2019 02:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26086

Actions (login required)

View Item View Item