Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Scientific Literacy dan Meta Knowledge Peserta Didik SMP

Widiyawati, Yeni (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Scientific Literacy dan Meta Knowledge Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yeni-widiyawati-13708251073.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik perangkat pembelajaran IPA berbasis CPS materi kestabilan suhu tubuh manusia untuk meningkatkan scientific literacy dan meta knowledge khususnya kreativitas dan inovasi peserta didik kelas VII SMP; (2) kelayakan perangkat pembelajaran IPA berbasis CPS tema kestabilan suhu tubuh manusia untuk meningkatkan scientific literacy dan meta knowledge khususnya kreativitas dan inovasi peserta didik kelas VII SMP; dan (3) keefektifan perangkat pembelajaran IPA berbasis CPS tema kestabilan suhu tubuh manusia untuk meningkatkan scientific literacy dan meta knowledge khususnya kreativitas dan inovasi peserta didik kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari Borg & Gall dengan tahapan yang meliputi: (1) pendahuluan; (2) perencanaan dan perancangan; serta (3) pengembangan. Uji coba penelitian ini dilakukan di SMP N 3 Tempel dengan menggunakan 70 subjek uji coba dari kelas VII yang terdiri dari 10 peserta didik kelas VII A untuk uji coba terbatas, 30 peserta didik kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang menerapkan perangkat pembelajaran berbasis CPS dan 30 peserta didik kelas VII C sebagai kelas kontrol yang menerapkan perangkat yang biasa digunakan oleh pendidik IPA. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen validasi, scientific literacy test, tes kreativitas dan inovasi, angket penilaian diri, angket penilaian antar teman, lembar observasi sikap ,dan lembar penilaian proyek. Validitas dan reliabilitas instrumen tes dianalisis dengan bantuan program Quest. Hasil perhitungan peningkatan scientific literacy dan meta knowledge dari pretes dan postes selanjutnya digunakan untuk menghitung keefektifan perangkat yang dikembangkan melalui MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) karakteristik perangkat pembelajaran IPA yang dikembangkan yaitu berbasis CPS, materi kestabilan suhu tubuh manusia, menggunakan penilaian otentik yang terdiri dari scientific literacy test berbentuk pilihan ganda beralasan, serta penilaian kreativitas dan inovasi meliputi tes berbentuk uraian, angket penilaian diri, angket penilaian antar teman, lembar observasi dan penilaian proyek; (2) perangkat pembelajaran IPA berbasis CPS layak untuk digunakan dalam pembelajarandengan kategori sangat baik; dan (3) perangkat pembelajaran IPA berbasis CPS efektif untuk meningkatkan scientific literacy dan meta knowledge khususnya kreativitas dan inovasi dengan syarat signifikansi p= 0,000 < α =0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran IPA, creative problem solving, scientific literacy, meta knowledge, kreativitas dan inovasi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Sep 2015 07:54
Last Modified: 09 May 2019 02:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26081

Actions (login required)

View Item View Item