HUBUNGAN ANTARA KESEIMBANGAN TUNGKAI, KELENTUKAN TOGOK DAN POWER OTOT TUNGKAI TERHADAP KETERAMPILAN SEPAKMULA BAGI SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAKTAKRAW DI SMP NEGERI 1 PANJATAN KULONPROGO

Muhamad Khoirudin (2015) HUBUNGAN ANTARA KESEIMBANGAN TUNGKAI, KELENTUKAN TOGOK DAN POWER OTOT TUNGKAI TERHADAP KETERAMPILAN SEPAKMULA BAGI SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAKTAKRAW DI SMP NEGERI 1 PANJATAN KULONPROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan tingkat kesulitan melakukan teknik sepakmula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keseimbangan tungkai, kelentukan togok dan power otot tungkai terhadap sepakmula dalam permainan sepaktakraw pada siswa SMP Negeri 1 Panjatan Kulonprogo yang mengikuti ekstrakurikuler sepaktakraw. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode survei dengan menggunakan instrumen tes power otot tungkai (vertical jump), tes kelentukan (flexometer), tes keseimbangan tungkai (stork stand), dan tes sepakmula. Subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Panjatan yang mengikuti ekstrakurikuler sepaktakraw yang berjumlah 29 orang. Teknik analisis data menggunakan korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) ada hubungan yang signifikan antara keseimbangan tungkai dengan keterampilan sepakmula pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Panjatan Kulonprogo dengan r hitung 0,370 > r tabel 0,367, 2) ada hubungan yang signifikan antara kelentukan togok dengan keterampilan sepakmula pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Panjatan Kulonprogo dengan r hitung 0,370 l > r tabel 0,367, 3) ada hubungan yang signifikan antara power otot tungkai dengan keterampilan sepakmula pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Panjatan Kulonprogo dengan r hitung 0,382 > r tabel 0,367 dan 4) ada hubungan yang signifikan antara keseimbangan tungkai, kelentukan togok dan power otot tungkai dengan keterampilan sepakmula pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Panjatan Kulonprogo dengan F hitung 4,075 > F tabel 2,99. Keterampilan sepakmula di SMP Negeri 1 Panjatan Kulonprogo ditentukan oleh power otot tungkai sebesar 13,70%, kelentukan togok sebesar 14,56% dan keseimbangan tungkai sebesar 13,70%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: power tungkai, kelentukan togok, keseimbangan, sepakmula
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Sep 2015 07:54
Last Modified: 11 Mar 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26080

Actions (login required)

View Item View Item