Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Model Self Regulated Learning Untuk Meningkatkan Scientific Literacy dan General Life Skill Siswa SMP Kelas VII

Fitrifitanofa, Winda (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Model Self Regulated Learning Untuk Meningkatkan Scientific Literacy dan General Life Skill Siswa SMP Kelas VII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-winda-fitrifitanofa-13708251056.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berbasis model self regulated learning yang layak digunakan pada pembelajaran; (2) menyelididki efektivitas pembelajaran IPA berbasis model self regulated learning yang dikembangkan pada penelitian ini terhadap peningkatan scientific literacy dan general life skill Siswa SMP. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg & Gall. Prosedur peneltian meliputi (1) studi pendahuluan, (2) desain produk, (3) validasi, (4) uji coba dan revisi produk hingga menghasilkan produk akhir. Validasi dilakukan oleh 2 orang ahli dan 1 praktisi.. Uji coba terbatas dilaksanakan di SMP N 1 Simo, sedangkan uji coba empiris dilaksanakan di SMP N 1 Banyudono. UJi coba lapangan menggunakan dua kelas yaitu eksperimen dan kontrol dengan jumlah 30-32 siswa.pada setiap kelasnya. Data diambil menggunakan tekhnik dokumentasi, observasi, angket dan pengukuruan. Hasil penilaian kelayakan perangkat pembelajaran IPA berbasis model self regulated learning dikonversi menggunakan skala 4 yang mengadopsi kriteria penkonversian Djemari Mardapi. Dalam menguji efektivitas perangkat pembelajaran dilakukan uji gain skor dengan membandingkan gain skor kelas kontrol dan kelas eksperimen kemudian untuk memperkuat data yang dihasilkan dilakukan analisis Independent-Samples T-Test menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran IPA untuk SMP Kelas VII berbasis model self regulated learning yang efektif dalam meningkatkan scientific literacy dan general life skill siswa. Berdasarkan penilaian ahli produk dianggap sangat layak digunakan dengan rata-rata 94.31% untuk RPP 85% untuk LKS dan 97.67% untuk instrumen penilaian otentik. Efektifitas perangkat pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan scientific literacy siswa terlihat dari perbandingan gain ternormalisasi anatara kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 0.57 dan 0.61. Perbandingan rata-rata gain ternormalisasi general life skill siswa antara kelas kontrol dan eksperimen juga menunjukkan bahwa gain ternormalisai kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol, yaitu 0.60 dibanding 0.46. Hasil uji Independent-Samples T Test menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis model self regulated learning memberikan pengaruh signifikan terhadap scientific literacy,dan general life skill siswa SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran IPA, model self regulated learning, scientific literacy, general life skill
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 10 Sep 2015 07:53
Last Modified: 29 Feb 2016 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26074

Actions (login required)

View Item View Item