PENGARUH PERMAINAN KASTI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK BAGI SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR NEGERI TEGIRI KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2014/2015

Sumarna (2015) PENGARUH PERMAINAN KASTI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK BAGI SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR NEGERI TEGIRI KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PAK SUMARNA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemampuan motorik siswa kelas atas Sekolah Dasar Negeri Tegiri, Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan kasti terhadap peningkatan kemampuan motorik bagi siswa kelas atas Sekolah Dasar Negeri Tegiri Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain The One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas IV, V, dan VI Sekolah Dasar Negeri Tegiri, Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes Tes Motor Ability untuk Sekolah Dasar (Nurhasan, 2007: 135), yang terdiri atas: lari cepat 50 yard, melompat jauh tanpa awalan, Sit and Reach, dan lempar-tangkap bola kasti. Tes ini mempunyai reliabilitas sebesar 0,93 dan validitasnya sebesar 0,87. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan sebelumnya diuji prasyarat analisis, yaitu: normalitas dan homogenitas data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang siginifikan permainan kasti terhadap peningkatan kemampuan motorik bagi siswa putra kelas IV, V, dan VI Sekolah Dasar Negeri Tegiri, Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo, dengan nilai t hitung 4,014 dan t tabel 2,06, p < 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan motorik, permainan kasti
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Sep 2015 07:52
Last Modified: 30 Jan 2019 03:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26072

Actions (login required)

View Item View Item