HUBUNGAN PENGGUNANAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL DI SMK NEGERI 1 GOMBONG

Muhhamad, Azyes Herlambank (2015) HUBUNGAN PENGGUNANAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL DI SMK NEGERI 1 GOMBONG. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
10520241006_Muhhamad Azyes Herlambank.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN PENGGUNANAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL DI SMK NEGERI 1 GOMBONG Oleh : Muhhamad Azyes Herlambank 10520241006 ABSTRAK Edmodo merupakan media pembelajaran berbasis jejaring sosial yang digunakan pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 1 Gombong sebagai media untuk menyampaikan materi, tugas maupun informasi. Akan tetpi, hasil belajar siswa masih ada yang belum mencapai standar nilai yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tingkat penggunaan media pembelajaran edmodo dan hasil belajar siswa pada pelajaran simulasi digital; dan (2) mengetahui hubungan penggunaan media pembelajaran edmodo dengan hasil belajar siswa pada pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 1 Gombong. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Gombong sejumlah 144 siswa dan diambil sebagai sampel sejumlah 106 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis parametrik. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) tingkat penggunaan media pembelajaran edmodo dalam kategori tinggi sebesar 5%, dalam kategori sedang sebesar 29%, dalam kategori rendah sebesar 54%, dan dalam kategori sangat rendah sebesar 12%. Hasil belajar siswa pada pelajaran simulasi digital dalam kategori kompeten sebesar 36% dan kategori tidak kompeten sebesar 64%; dan (2) tidak ada hubungan antara penggunaan media pembelajaran edmodo dengan hasil belajar siswa pada pelajaran simulasi digital berdasarkan hasil Uji Korelasi Product Moment yang diperoleh (0,016 < 0,189), serta nilai signifikansi P > (0,872 > 0,05). Kata kunci : Edmodo, Hasil Belajar, Simulasi Digital.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 09 Sep 2015 07:10
Last Modified: 30 Jan 2019 03:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26060

Actions (login required)

View Item View Item