PENGEMBANGAN GAME EDUKASI FINDING NEVI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TENSES DALAM BAHASA INGGRIS DI SMA

Hanif, Kirana (2015) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI FINDING NEVI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TENSES DALAM BAHASA INGGRIS DI SMA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
09520241036_Hanif Kirana.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN GAME EDUKASI FINDING NEVI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TENSES DALAM BAHASA INGGRIS DI SMA Oleh: Hanif Kirana NIM. 09520241036 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan game edukatif tingkat SMA untuk mata pelajaran bahasa Inggris digunakan sebagai media pembelajaran irreguler verbs dan tenses berbasis Adobe Flash CS6. Pembelajaran dengan menggunakan game edukasi Finding Nevi diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar. Perancangan game edukasi Finding Nevi ini menggunakan metode Research and Development yang terdiri dari 10 tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan bahan perancangan media, pengembangan produk, validasi ahli, revisi desain, uji coba produk awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, dan produksi. Game edukasi Finding Nevi dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6. Kelayakan game edukasi dinilai oleh tim ahli media, ahli materi, dan siswa. Penelitian dilakukan di MAN 3 Yogyakarta dengan bantuan total 40 siswa dari kelas XII sebagai responden. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket skala likert. Pengujian game edukasi Finding Nevi dilakukan dengan menggunakan black-box testing. Hasil pengujian black box menyatakan bahwa semua fungsi yang disediakan telah berfungsi sesuai yang diharapkan. Hasil perhitungan presentase kelayakan untuk ahli media adalah sebesar 90% yang termasuk kategori sangat layak. Perhitungan presentase kelayakan ahli materi adalah sebesar 81,67% yang termasuk kategori sangat layak. Perhitungan presentase kelayakan uji coba awal adalah sebesar 80,89% yang termasuk kategori layak. Perhitungan uji coba lapangan mendapat presentase sebesar 77,56% yang termasuk kategori layak. Rata--rata nilai yang diperoleh 30 siswa pada soal pre-test adalah 79,27. Sedangkan rata-rata nilai pada soal post-test adalah 85,60. Hasil pengujian menunjukkan bahwa game edukasi Finding Nevi layak untuk digunakan. Kata kunci : Game edukasi, Research and Development, kelayakan, bahasa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 09 Sep 2015 07:08
Last Modified: 30 Jan 2019 03:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26059

Actions (login required)

View Item View Item