Pengaruh Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Science Process Skills Dan Kemampuan Kognitif Peserta Didik SMP Pada Materi Kalor dan Perpindahannya

Maulana, Wahyu Galih (2015) Pengaruh Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Science Process Skills Dan Kemampuan Kognitif Peserta Didik SMP Pada Materi Kalor dan Perpindahannya. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wahyu-galih-maulana-13708259040.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses terhadap: (1) science process skills; (2) kemampuan kognitif peserta didik SMP; dan (3) science process skills dan kemampuan kognitif peserta didik SMP N 1 Adiwerna. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest with nonequivalent group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Adiwerna, Kabupaten Tegal pada semester kedua Tahun ajaran 2014/2015 dengan sampel kelas VIIG sebagai kelas eksperimen berupa pembelajaran IPA melalui pendekatan keterampilan proses dan kelas VIID sebagai kelas kontrol berupa pembelajaran IPA melalui pendekatan induktif. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengukur science process skills dan kemampuan kognitif, serta non tes untuk pengamatan science process skills. Pengumpulan data science process skills dan kemampuan kognitif peserta didik dilakukan melalui pretest dan posttest. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dengan menggunakan pendekatan univariat yaitu uji Kolmogorov-Smirnov. Uji homogenitas dengan menggunakan uji Box’s M dan uji Levene’s Test. Data di analisis menggunakan uji Manova dan Independent samples T test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh pembelajaran dengan pendekatan ketermapilan proses terhadap (1) science process skills; (2) kemampuan kognitif; dan (3) science process skills skills dan kemampuan kognitif peserta didik SMP N 1 Adiwerna.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan keterampilan proses, science process skills, kemampuan kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Sep 2015 09:05
Last Modified: 09 May 2019 02:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26056

Actions (login required)

View Item View Item