Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 7E untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis ditinjau dari Motivasi Belajar Intrinsik

Wijarwati, Unik (2015) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 7E untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis ditinjau dari Motivasi Belajar Intrinsik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-unik-wijarwati-13708259048.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji karakteristik dan kelayakan LKPD IPA berbasis model learning cycle 7E yang telah dikembangkan dari aspek didaktis, konstruksi dan teknis berdasarkan penilaian validator dan reviewer, (2) mengkaji pengaruh penerapan LKPD IPA berbasis model learning cycle 7E terhadap keterampilan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar intrinsik, serta (3) mengkaji interaksi motivasi belajar intrinsik dengan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan mengacu pada langkah model pengembangan Borg dan Gall. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Rembang tahun pelajaran 2014/2015, yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menerapkan pembelajaran dengan LKPD IPA hasil pengembangan, sedangkan kelompok kontrol menggunakan LKPD yang biasa digunakan di sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan tes (pretest dan postest) untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol ditinjau dari motivasi belajar intrinsik peserta didik. Validasi produk dilakukan oleh dua orang ahli (ahli materi dan ahli media), satu orang guru IPA, dua orang teman sejawat, serta sembilan orang peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik analisis kovariat (ANAKOVA) untuk menganalisis pengaruh penerapan LKPD IPA berbasis model learning cycle 7E terhadap keterampilan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar intrinsik peserta didik dan interaksi motivasi belajar intrinsik dengan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) LKPD IPA berbasis model learning cycle 7E pada materi Kalor dan Perpindahannya memiliki karakteristik antara lain: (a) memuat kompetensi yang mengintegrasikan indikator pembelajaran dengan indikator keterampilan berpikir kritis; (b) berisi petunjuk kegiatan untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis dalam rangka menemukan suatu konsep; (c) kegiatan dalam LKPD meggunakan model learning cycle 7E, dan LKPD IPA berbasis model learning cycle 7E pada materi Kalor dan Perpindahannya pada kategori sangat baik dan layak ditinjau dari aspek didaktis, konstruksi dan teknis berdasarkan penilaian validator dan reviewer, (2) Analisis pengaruh penerapan LKPD IPA berbasis model learning cycle 7Eterhadap keterampilan berpikir kritis melalui uji ANAKOVA menghasilkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh penerapan LKPD IPA berbasis model learning cycle 7E terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik ditinjau dari motivasi belajar intrinsik dengan peningkatan gain score sebesar 0,52 kategori sedang pada kelas eksperimen, serta (3) Tidak terdapat interaksi antara motivasi belajar intrinsik dengan keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKPD IPA berbasis model learning cycle 7E, keterampilan berpikir kritis, motivasi belajar intrinsik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Sep 2015 09:05
Last Modified: 09 May 2019 02:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26052

Actions (login required)

View Item View Item