Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Belajar Siswa MTs

Abadi, Tresno (2015) Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Belajar Siswa MTs. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tresno-abadi-13708259033.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa MTs dengan menggunakan PBL berbantuan macromedia flash; dan (2) perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dan rata-rata minat belajar IPA siswa antara kelas PBL dan kelas PBL+MF. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experiment research), dengan desain the static group comparison design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Ihsan Baleendah, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat semester II tahun ajaran 2014-2015. Sampel untuk penelitian ini adalah seluruh siswa kelas A (VIIC) yang berjumlah 30 dan kelas B (VIID) yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster sampling, yang kemudian ditentukan kelas A sebagai kelas PBL dan kelas B sebagai kelas PBL+MF. Data penelitian dikumpulkan melalui angket minat belajar, dan tes kemampuan berpikir kritis. Data dianalisis menggunakan teknik: (1) statistik deskriptif untuk mendeskripsikan perolehan nilai kemampuan berpikir kritis dan minat belajar IPA siswa, dan (2) analisis uji MANOVA digunakan untuk mengetahui perbedaan rata-rata nilai berpikir kritis siswa dan minat belajar IPA antara kelas PBL+MF dan kelas PBL. Hasil penelitian menunjukan : (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis dan minat belajar siswa MTs yang menggunakan model PBL berbantuan macromedia flash sebesar 0,4; (2) tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan minat belajar IPA siswa antara kelas PBL dan kelas PBL+MF. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,134 dengan taraf signifikansi 5% (0,134 > 0,05), maka Ho diterima dan Ha ditolak.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Problem-Based Learning (PBL), Macromedia Flash, Berpikir kritis, Minat belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 09 Sep 2015 09:05
Last Modified: 01 Mar 2016 03:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26040

Actions (login required)

View Item View Item