Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap untuk Mengukur Sikap Spiritual Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di Madrasah Tsanawiyah

Dewi, Titik Nurpita (2015) Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap untuk Mengukur Sikap Spiritual Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di Madrasah Tsanawiyah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-titik-nurpita-dewi-13708259011.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) menghasilkan instrumen penilaian untuk mengukur sikap spiritual yang umum peserta didik dalam pembelajaran IPA di MTs yang valid dan reliabel dan 2) memetakan sikap spiritual yang umum peserta didik dalam pembelajaran IPA di MTs, berdasarkan instrumen penilaian sikap spiritual. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Teknik sampling untuk menentukan subjek penelitian yaitu purposive sampling. Uji coba kelompok terbatas dilakukan di MTs kode S, uji coba diperluas dilakukan di MTs kode S, K, dan B, serta pelaksanaan pengukuran dilakukan di MTs kode S, K, dan B. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan lembar validasi, lembar observasi, lembar penilaian diri, dan lembar penilaian antar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis angka Aiken’V, penghitungan reliabilitas, triangulasi data, dan skoring untuk menginterpretasikan hasil penelitian. Hasil penelitian ini yaitu seperangkat instrumen penilaian sikap spiritual berbentuk lembar observasi, lembar penilaian diri, dan lembar penilaian antar peserta didik yang valid dan reliabel. Validitas diperoleh melalui expert judgement dan reliabilitas diperoleh dari uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Pada penelitian ini dibahas penilaian sikap spiritual dengan bentuk penilaian lembar observasi. Validitas isi lembar observasi penilaian sikap spiritual mempunyai validitas yang baik dengan angka Aiken’V diatas 0,6 dan reliabilitas instrumen ≥ 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen valid dan reliabel untuk mengukur sikap spiritual peserta didik dalam pembelajaran IPA di MTs. Berdasarkan analisis data, instrumen lembar observasi mampu memetakan sikap spititual peserta didik dalam pembelajaran IPA di MTs. Analisis data hasil pengukuran menunjukkan bahwa peserta didik di Madrasah Tsanawiyah kode S mempunyai sikap-sikap spiritual yang unggul pada aspek beriman kepada Allah SWT dan berserah diri (tawakal) kepada Allah SWT. Pada Madrasah Tsanawiyah kode K mempunyai sikap-sikap spiritual yang unggul pada aspek bertakwa kepada Allah SWT. Sikap-sikap yang unggul di Madrasah Tsanawiyah kode B yaitu aspek beriman kepada Allah SWT, bersyukur kepada Allah SWT dan menghargai karunia Allah SWT.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian sikap spiritual, lembar observasi sikap spiritual, pemetaan sikap spititual dalam pembelajaran IPA
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Sep 2015 09:05
Last Modified: 09 May 2019 02:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26039

Actions (login required)

View Item View Item