Pengembangan Pembelajaran Fisika Model ASSURE Berbasis Laboratorium untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Motivasi Belajar Siswa SMA

Syaifuddin, Syaifuddin (2015) Pengembangan Pembelajaran Fisika Model ASSURE Berbasis Laboratorium untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Motivasi Belajar Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-syaifuddin-13708251085.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan model yang dikembangkan; (2) mengembangkan perangkat pembelajaran fisika model ASSURE berbasis laboratorium yang layak; (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap model yang dikembangkan; dan (4) mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses dan motivasi belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran fisika model ASSURE berbasis laboratorium. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan model Borg dan Gall. Pelaksanaan uji coba produk dilakukan tiga kali, yaitu uji coba lapangan awal dengan subjek terdiri dari siswa kelas XI MIA IV SMAN 1 Lasem Kabupaten Rembang tahun pelajaran 2014/2015, uji coba utama dengan shujek terdiri dari siswa kelas XI IPA I dan II, SMAN 1 Kragan Kabupaten Rembang tahun pelajaran 2014/2015, dan uji coba lapangan operasional dengan subjek terdiri dari siswa kelas XI MIA III SMAN 1 Lasem Kabupaten Rembang, dan siswa kelas XI IPA III MAN 1 Lasem Kabupaten Rembang tahun pelajaran 2014/2015, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik non random sampling. Data keterampilan proses dikumpulkan melalui metode tes, data motivasi belajar siswa dan respon siswa dikumpulkan menggunakan angket, dan observasi guru menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data meliputi analisis hasil validasi perangkat secara deskriptif kualitatif, analisis hasil uji coba tes (uji validitas, dan reliabilitas), analisis hasil tes keterampilan proses dan motivasi siswa dengan N-Gain, hasil penyekoran lembar observasi dan angket respon siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif.. Hasil penelitian ini berupa: 1) seperangkat pembelajaran fisika model ASSURE berbasis laboratorim yang terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran, dan lembar kerja siswa; 2) hasil validasi menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan, dan hasil pada uji coba lapangan awal, utama, dan operasional menunjukkan bahwa pembelajaran fisika model ASSURE berbasis laboratorium dengan menggunakan perangkat yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektivan pembelajaran; 3) respon siswa terhadap model yang dikembangkan dalam kategori positif; dan 4) berdasarkan hasil pretest dan posttest pada uji coba utama, dan uji coba lapangan operasional menunjukkan ada peningkatan aspek keterampilan proses dan motivasi belajar siswa. Aspek keterampilan proses meningkat 57,21 pada uji coba utama, sedangkan pada uji coba operasional 58,53 dan 48,31. Aspek motivasi belajar siswa meningkat 5,66 pada uji coba utama, dan pada uji coba operasional 8,64 dan 11,93.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: ASSURE, laboratorium, keterampilan proses, motivasi belajar siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 09 Sep 2015 09:05
Last Modified: 01 Mar 2016 01:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26030

Actions (login required)

View Item View Item