STUDI POTENSI WISATA KULINER DI KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT PROVINSI KALIMANTAN TENGAH TAHUN 2012

LISA , AGUSTINA (2012) STUDI POTENSI WISATA KULINER DI KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT PROVINSI KALIMANTAN TENGAH TAHUN 2012. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
STUDY OF CULINARY TOURISM POTENTIAL IN WEST KOTAWARINGIN REGENCY CENTER BORNEO PROVINCE 2012.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi makanan khas Kabupaten Kotawaringin Barat; (2) memetakan potensi wisata kuliner di Kabupaten Kotawaringin Barat; dan (3) mengetahui karakteristik wisatawan terhadap sentra kuliner di Kabupaten Kotawaringin Barat. Penelitian ini dilakukan pada Bulan Maret 2012 di Kabupaten Kotawaringin Barat.Penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey dengan populasi 4.759 orang dan mengambil sampel sebanyak 98 orang. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket, dokumen dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) makanan khas Kabupaten Kotawaringin Barat adalah soto menggala, soto banjar (sop banjar), nasi kuning dan lontong sayur ; lauk pauk khas Kabupaten Kotawaringin Barat adalah Gangan asam (sayur asam ikan patin), Ikan Bakar, Belankas dan aneka seafood ; Sambal khas Kabupaten Kotawaringin Barat adalah sambal cincaluk ; Kudapan khas Kabupaten Kotawaringin Barat adalah Wadai tole-tole, wadai cincin dan kerupuk basah ; buah-buahan lokal musiman adalah cempedak, durian lokal, krantungan, tangkuhis, ketiau, terong asam ; oleh-oleh khas Kabupaten Kotawaringin Barat adalah Kerupuk apmlang dan kerupuk ikan. (2) wisata kuliner di Kabupaten Kotawaringin Barat dapat dipetakan menjadi 8 kawasan yaitu Kawasan Mendawai, Kawasan Sidorejo, Kawasan Raja, Kawasan Madurejo, Kawasan Kampung Baru, Kawasan Pasir Panjang, Kawasan Kumai dan Kawasan Kubu. dan (3) Karakteristik wisatawan yang berkunjung adalah usia 15-30 tahun 38%, yang berpendidikan terakhir SMA/sederajat 45%, dan pekerjaan karyawan swasta 36%. Sebagian besar wisata kuliner lebih diminati perempuan 53% dan wisatawan berasal dari Kabupaten Kotawaringin Barat 82%, memperoleh informasi dari teman/keluarga 79%, dan teman berkunjung bersama kelompok sebesar 47% dengan penghasilan dibawah Rp 500.000,- sebesar 25%. Wisatawan melakukan kunjungan dalam 1 bulan kurang dari 3 kali sebesar 58%. Faktor aksesibilitas dan variasi makanan dipilih menjadi alasan utama sebagian besar wisatawan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2012 02:34
Last Modified: 29 Jan 2019 15:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2603

Actions (login required)

View Item View Item