Pengembangan Bahan Ajar IPA Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Sikap Religi, Sikap Positif terhadap IPA, dan Prestasi Belajar IPA Siswa MTs

Susilowati, Susilowati (2015) Pengembangan Bahan Ajar IPA Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Sikap Religi, Sikap Positif terhadap IPA, dan Prestasi Belajar IPA Siswa MTs. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-susilowati-13708259024.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar IPA yang terintegrasi nilai Islam, mengetahui kelayakan dan keefektifan bahan ajar yang dikembangkan untuk meningkatkan sikap religi, sikap positif terhadap IPA, dan prestasi belajar IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subyek uji coba pada penelitian ini adalah siswa MTs sejumlah 81 siswa dengan rincian 30 siswa MTsN II Yogyakarta untuk uji coba empiris, 10 siswa MTs Ibnul Qoyyim kelas VII B untuk uji coba terbatas, dan 41 siswa MTs Ibnul Qoyyim Bantul kelas VII A dan VII C untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian diri sikap religi dan sikap positif terhadap IPA, dan tes prestasi belajar IPA. Teknik analisis data menggunakan gain score, independent t test, dan uji MANOVA. Hasil penelitian adalah produk bahan ajar dalam bentuk buku siswa MTs dan buku guru MTs. Penilaian produk buku siswa MTs menurut ahli materi dan ahli media berkategori “sangat baik”. Buku guru MTs menurut ahli materi berkategori “baik” dan menurut ahli media berkategori “sangat baik”. Respon siswa terhadap buku siswa berkategori “sangat baik”. Pembelajaran dengan menggunakan buku siswa menunjukkan sikap religi meningkat tinggi (rerata gain score adalah 0,70), sikap positif terhadap IPA meningkat sedang (rerata gain score adalah 0,57), dan prestasi belajar IPA meningkat sedang (rerata gain score adalah 0,55). Keberhasilan keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran yang tertuang dalam buku guru MTs sebesar 100%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, buku siswa MTs, buku guru MTs, sikap religi, sikap positif terhadap IPA, prestasi belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Sep 2015 09:05
Last Modified: 09 May 2019 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26029

Actions (login required)

View Item View Item