Pengembangan Buku Pedoman Guru dalam Pembelajaran Fisika SMA Menggunakan Model Problem Solving Sesuai Level Inkuiri Peserta Didik untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Aktivitas Belajar Peserta Didik

Setiyawati, Susi Fatikhah (2015) Pengembangan Buku Pedoman Guru dalam Pembelajaran Fisika SMA Menggunakan Model Problem Solving Sesuai Level Inkuiri Peserta Didik untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Aktivitas Belajar Peserta Didik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-susi-fatikhah-setiyawati-13708251028.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan buku pedoman yang sesuai dengan pedoman pengembangan buku yang telah ditetapkan, (2) untuk menghasilkan buku pedoman guru dalam pembelajaran fisika untuk tingkat SMA kelas X yang menggunakan model problem solving sesuai dengan level inkuiri yang layak digunakan, dan (3) untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran fisika menggunakan model problem solving sesuai dengan level inkuiri terhadap peningkatan aktivitas belajar peserta didik dan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Langkah yang telah dilakukan terdiri dari 8 langkah meliputi: (1) pengumpulan data, (2) pengembangan produk, (3) uji coba terbatas, (4) revisi hasil uji coba terbatas, (5) uji coba lapangan, (6) revisi hasil uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk akhir, (8) deseminasi produk. Subjek uji coba meliputi peserta didik di SMA N 1 Depok dan SMA N 1 Sleman. Subjek coba di SMA N 1 Depok terdiri dari 3 kelas, yang menggunakan pembelajaran level inkuiri 1, 2 dan 3. Subjek coba di SMA N 1 Sleman terdiri dari 5 kelas, yang menggunakan pembelajaran level inkuiri 1, 2, 3, 4 dan 5. Tahap uji coba produk dilakukan melalui uji terbatas dan uji lapangan. Pengumpulan data menggunakan angket respon peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan proses pembelajaran, lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan tes kemampuan berfikir kritis peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji multivariat (Manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk yang dikembangkan telah mengikuti pedoman pengembangan buku yang telah ditetapkan, (2) produk yang dikembangkan ditinjau dari aspek materi, petunjuk umum buku, RPP & LKPD, dan perangkat evaluasi pembelajaran menurut ahli materi dan ahli media berkategori baik. Penerapan pembelajaran dapat terlaksana dengan kategori baik dan (3) hasil uji lapangan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berfikir kritis dan aktivitas belajar peserta didik yang signifikan dan simultan antara kenam level inkuiri yang diujicobakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model problem solving, level inkuiri, kemampuan berfikir kritis, aktivitas belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Sep 2015 09:05
Last Modified: 09 May 2019 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26028

Actions (login required)

View Item View Item