Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Science Technology Society (STS) dan Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Literasi Sains dan Prestasi Belajar IPA Siswa MTs

Muhajir, Siti (2015) Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Science Technology Society (STS) dan Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Literasi Sains dan Prestasi Belajar IPA Siswa MTs. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-muhajir-13708259009.swf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan penerapan model pembelajaran STS dan CTL terhadap peningkatan literasi sains dan prestasi belajar IPA siswa bila literasi membaca dan pengetahuan awal siswa dikendalikan; dan (2) model pembelajaran mana yang lebih baik dalam meningkatkan literasi sains dan prestasi belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen menggunakan pretest posttest comparison group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Cikembar Kabupaten Sukabumi terdiri dari 8 kelas dengan 320 siswa. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster sampling, sehingga didapat dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu 37 siswa di kelas VII F menggunakan model pembelajaran CTL dan 39 siswa di kelas VII G menggunakan model pembelajaran STS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dengan tes uraian dan pilihan majemuk serta teknik nontes dengan kuesioner. Tes uraian digunakan untuk mengetahui literasi sains siswa aspek kompetensi, tes pilihan majemuk untuk mengetahui prestasi belajar IPA siswa, dan kuesioner digunakan untuk mengetahui literasi sains aspek sikap. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji multivariat MANCOVA dengan taraf signifikansi 5% dan perbandingan rerata N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan dari pengaruh model pembelajaran STS dan CTL terhadap literasi sains dan prestasi belajar IPA siswa bila literasi membaca dan pengetahuan awal siswa dikendalikan secara statistik; dan (2) berdasarkan nilai rerata N-Gain, model STS lebih baik dalam meningkatkan literasi sains dan prestasi belajar IPA pada materi pencemaran lingkungan dan pemanasan global di MTs Negeri Cikembar Kabupaten Sukabumi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran STS, model pembelajaran CTL, literasi sains, prestasi belajar IPA
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Sep 2015 09:05
Last Modified: 09 May 2019 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26026

Actions (login required)

View Item View Item