Pengembangan Performance Assessment untuk Mengukur dan Memetakan Practical Skills IPA Peserta Didik pada Guide-Project-based Learning di SMP

Pratama, Siska (2015) Pengembangan Performance Assessment untuk Mengukur dan Memetakan Practical Skills IPA Peserta Didik pada Guide-Project-based Learning di SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siska-pratama-13708251087.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik performance assessment yang valid dan reliabel untuk mengukur prcatical skills IPA pada guided-PjBL; (2) mendeskripsikan practical skills IPA yang muncul pada guided-PjBL; dan (3) mengetahui peta practical skills IPA peserta didik SMP menggunakan performance assessment pada guided-PjBL. Penelitian ini merupakan Research & Development dengan menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan et al. (1974). Prosedur penelitian ini meliputi: (1) Define; (2) Design; (3) Develop; dan (4) Disseminate. Subjek uji coba produk adalah peserta didik kelas VII di SMPN 1 Wonosari, SMPN 4 Playen, dan SMPN 5 Ngawen. Teknik pengambilan data meliputi wawancara, angket, dan nontes. Instrumen pengambilan data adalah pedoman wawancara, lembar validasi butir instrumen performance assessment pada guided-PjBL, dan performance assessment pada guided-PjBL berbentuk lembar observasi. Hasil wawancara digunakan untuk penilaian kebutuhan. Hasil penilaian validasi butir instrumen digunakan untuk memperbaiki performance assessment pada guided-PjBL yang dibuat. Hasil performance assessment pada guided-PjBL digunakan untuk memetakan practical skills IPA peserta didik. Hasil penelitian ini yaitu (1) performance assessment untuk mengukur practical skills IPA pada guided-PjBL dalam bentuk lembar observasi dinyatakan valid dan reliabel, (2) practical skills IPA yang muncul pada guided-PjBL, meliputi: merancang proyek; menggunakan termometer; menggunakan indikator universal; membaca hasil pengukuran suhu; membaca hasil pengukuran pH; membuat tabel; menentukan variabel bebas dan terikat pada grafik; membuat grafik; mengetahui hubungan antar-variabel; dan membuat kesimpulan. Penerapan guided-PjBL mampu meningkatkan performance peserta didik pada practical skills IPA, serta (3) performance assessment pada guided-PjBL mampu memetakan practical skills IPA peserta didik SMP di Kabupaten Gunungkidul dengan tiga kategori, yaitu: tinggi, sedang, dan rendah. Peserta didik pada sekolah kategori tinggi memiliki tingkat practical skills paling tinggi bila dibandingkan dengan peserta didik pada sekolah kategori sedang maupun rendah. Peserta didik pada sekolah kategori sedang memiliki tingkat practical skills paling rendah bila dibandingkan dengan peserta didik pada sekolah kategori tinggi maupun rendah. Peserta didik pada sekolah kategori rendah memiliki tingkat practical skills lebih tinggi bila dibandingkan dengan peserta didik pada sekolah kategori sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: performance assessment, lembar observasi, guided-PjBL, practical skills IPA
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Sep 2015 09:05
Last Modified: 09 May 2019 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26024

Actions (login required)

View Item View Item