Pengembangan Modul Pembelajaran Ekosistem Berbasis Sistem Produksi Lahan Kering untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA Kelas X

Dewi, Rina Kartika (2015) Pengembangan Modul Pembelajaran Ekosistem Berbasis Sistem Produksi Lahan Kering untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA Kelas X. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rina-kartika-dewi-13708251036.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan modul pembelajaran ekosistem berbasis sistem produksi lahan kering, (2) penggunaan modul pembelajaran ekosistem berbasis sistem produksi lahan kering terhadap kemandirian peserta didik, (3) penggunaan modul pembelajaran ekosistem berbasis sistem produksi lahan kering terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg & Gall. Prosedur penelitian meliputi (1) studi pendahuluan, (2) desain produk, (3) validasi, (4) uji coba produk dan revisi produk hingga menghasilkan produk akhir. Subjek uji empiris dan uji coba dilakukan pada peserta didik SMA Frater Don Bosco, uji coba lapangan menggunakan dua kelas (eksperimen dan kontrol) dengan jumlah peserta didik 26-28 setiap kelas. Pengambilan data dengan menggunakan observasi, angket dan tes. Hasil penilaian kelayakan modul pembelajaran ekosistem berbasis sistem prosuksi lahan kering, angket respon peserta didik, lembar observasi kemandirian, angket kemandirian dan tes hasil belajar kognitif yang dikonversi dengan menggunakan skala Likert (Skala 5) dilanjutkan menghitung gain score dan dianalisis dengan independent-samples t test menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini adalah modul pembelajaran ekosistem berbasis sistem produksi lahan kering dengan kriteria kelayakan produk sangat baik. Penggunaan modul pembelajaran ekosistem berbasis sistem produksi lahan kering dapat meningkatkan kemadirian peserta didik berdasarkan rata-rata gain ternomalisasi dalam kriteria sedang. Penggunaan modul pembelajaran ekosistem berbasis sistem produksi lahan kering dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik berdasarkan rata-rata gain ternomalisasi dalam kriteria sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran ekosistem, sistem produksi lahan kering, kemandirian, hasil belajar kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Sep 2015 09:05
Last Modified: 09 May 2019 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26023

Actions (login required)

View Item View Item