Implementasi Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK) dalam Proses Pembelajaran Kimia dan Hubungannya dengan Keterampilan Proses Interpretasi dan Keaktifan belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri Kota Bengkulu

Mifridha, Ridha (2015) Implementasi Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK) dalam Proses Pembelajaran Kimia dan Hubungannya dengan Keterampilan Proses Interpretasi dan Keaktifan belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri Kota Bengkulu. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ridha-meifrida-13708251104.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat implementasi PChK dan menganalisis hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) implementasi PChK dengan keterampilan proses interpretasi peserta didik kelas X SMA Negeri Kota Bengkulu, dan (2) implementasi PChK dengan keaktifan belajar peserta didik kelas X SMA Negeri Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional menggunakan analisis Rasch model dan analisis korelasi Pearson Product Moment. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Negeri Kecamatan Ratu Samban Kota Bengkulu. Penentuan sampel dari populasi dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X konsentrasi IPA dari 3 SMA Negeri di kecamatan Ratu Samban Kota Bengkulu. Ditinjau dari kualitas sekolah, sampel dalam penelitian ini dikelompokkan atas tiga kelompok sekolah yaitu sekolah dengan kualitas tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PChK pada komponen PChK-2 tentang menjelaskan konsep kimia, dan PChK-5 tentang profesionalitas guru masih tergolong kurang bagus. Kesimpulan tentang hubungannya yaitu: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara implementasi PChK dan keterampilan proses interpretasi peserta didik, dan (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara implementasi PChK dan keaktifan belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pedagogical Chemistry Knowledge (PChK), Keterampilan Proses Interpretasi, dan Keaktifan Belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Sep 2015 09:05
Last Modified: 09 May 2019 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26022

Actions (login required)

View Item View Item