Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Project-Based Learning untuk Membekali Foundational Knowledge dan Meningkatkan Scientific Literacy Peserta Didik SMP

Muskania, Richa Tesi (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Project-Based Learning untuk Membekali Foundational Knowledge dan Meningkatkan Scientific Literacy Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ricka-tesi-muskania-13708251088.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran IPA yang layak berbasis project-based learning, (2) pengaruh penerapan perangkat pembelajaran IPA berbasis project-based learning terhadap keterbekalan digital/ICT literacy, (3) pengaruh penerapan perangkat pembelajaran IPA berbasis project-based learning terhadap scientific literacy peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model Borg & Gall. Prosedur penelitian meliputi (1) studi pendahuluan, (2) desain produk, (3) validasi, (4) uji coba dan revisi produk hingga menghasilkan produk akhir. Subjek uji empiris dan uji coba terbatas yang merupakan bagian dari validasi dilakukan pada SMP Negeri 15 Yogyakarta. Uji coba lapangan dilaksanakan pada SMP Negeri 10 Pontianak, menggunakan dua kelas (kontrol-eksperimen) dengan jumlah peserta didik sebanyak 28-30 orang/kelas. Pengambilan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, angket, dan pengukuran. Hasil penilaian kelayakan perangkat pembelajaran IPA berbasis project-based learning, observasi digital/ICT literacy, angket digital/ICT literacy, dan tes scientific literacy dikonversi menggunakan skala Likert (skala 5). Hasil tes scientific literacy dilanjutkan dengan menghitung gain score dan dianalisis independent-sample t test menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran IPA berbasis project-based learning pada tema Fotosintesis kelas VII SMP dengan kriteria kelayakan produk baik sekali (rata-rata percentage agreement 98,41%). Keterbekalan digital/ICT literacy peserta didik kelas VII setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis project-based learning sebesar 98,29% untuk observasi dan 75,00 untuk angket digital/ICT literacy. Kriteria baik sekali diperoleh untuk peningkatan scientific literacy peserta didik SMP setelah mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran IPA berbasis project-based learning sedangkan rata-rata gain score peserta didik adalah 15,37 dengan gain score ternormalisasi 0,37. Hasil uji independent-sample t test menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis project-based learning memberikan pengaruh signifikan terhadap scientific literacy peserta didik SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran IPA, project-based learning, digital/ICT literacy, scientific literacy
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Sep 2015 09:05
Last Modified: 09 May 2019 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26021

Actions (login required)

View Item View Item