Pengaruh Model Pembelajaran InSTAD terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Fisika Peserta Didik di SMA

Erina, Richie (2015) Pengaruh Model Pembelajaran InSTAD terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Fisika Peserta Didik di SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-richie-erina-13708251016.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran InSTAD terhadap: (1) keterampilan proses sains peserta didik, (2) hasil belajar kognif peserta didik, dan (3) proses sains dan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain kuasi eksperimen. Sampel penelitian meliputi peserta didik kelas X1, X2 dan X5 SMAN 9 Mandau, sedangkan objek penelitian adalah pengaruh InSTAD, keterampilan proses sains, dan hasil belajar kognitif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Instrumen penelitiannya adalah tes objektif yang terdiri dari tes keterampilan proses sains, tes kognitif dan lembar observasi keterampilan proses sains. Analisis data menggunakan Independent t-test dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan model pembelajaran InSTAD secara signifikan lebih berpengaruh positif terhadap keterampilan proses sains dibandingkan model pembelajaran inkuiri terbimbing, dan hal ini ditunjukkan dengan output (t= 7.47 dan 7.53) dengan signifikansi sebesar 0.00 (sigifikansi < 0.05); (2) penerapan model pembelajaran InSTAD secara signifikan lebih berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif dibandingkan model pembelajaran inkuiri terbimbing, dan hal ini ditunjukkan dengan output (t= 4.41dan 5.00) dengan signifikansi sebesar 0.00 (sigifikansi < 0.05); (3) penerapan model pembelajaran InSTAD secara signifikan lebih berpengaruh positif terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif dibandingkan model pembelajaran inkuiri terbimbing, dan hal ini ditunjukkan dengan output (F= 26.36) dan signifikansi sebesar 0.00 (sigifikansi < 0.05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: InSTAD, keterampilan proses sains, hasil belajar kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Sep 2015 09:05
Last Modified: 09 May 2019 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26020

Actions (login required)

View Item View Item