Pengembangan Media Animasi Fisika Berbasis CELS Sebagai Pendukung Performance Skill Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif

Damayanti, Puardmi (2015) Pengembangan Media Animasi Fisika Berbasis CELS Sebagai Pendukung Performance Skill Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-puardmi-damayanti-13708251077.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran fisika berbasis Combination Experiment Laboratory by Simulation pada materi Kalor sebagai pendukung performance skill dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa di SMA Negeri 4 Yogyakarta. CELS merupakan kegiatan eksperimen yang memadukan antara eksperimen verifikatif dengan eksperimen berbasis multimedia komputer baik berupa simulasi komputer maupun video yang dikembangkan dari internet. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development, R&D) yang mencakup 5 langkah kegiatan, yaitu analisis kebutuhan, desain pembelajaran, pengembangan media, evaluasi produk (validasi ahli, one to one evaluation, small group evaluation, dan field evaluation), dan hasil akhir produk CELS. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta pada semester kedua Tahun ajaran 2014/2015. Desain penelitian yang digunakan menggunakan pretest-postest nonequivalent control group design, dimana dalam desain ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang tidak dipilih secara random. Teknik pengumpluan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik tes. Analisis data menggunakan analisis skala Likert untuk menghasilkan persentase kriteria kuantitatif untuk penilaian multimedia. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui performance skill siswa. Adapun aspek penilaian performance skill tersebut yaitu kerja ilmiah, diskusi, dan tugas. Tes digunakan untuk mengetahui keterampilan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan Kalor sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji univariat (ANCOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media animasi fisika berbasis CELS dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Hal tersebut dapat terlihat dari besarnya pengaruh yang signifikan antara media animasi fisika berbasis CELS sebagai pendukung performance skill terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran, CELS, performance, keterampilan berpikir kreatif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Sep 2015 09:05
Last Modified: 09 May 2019 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26016

Actions (login required)

View Item View Item