Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Kalor dan Perpindahannya Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kritis di Kelas VII SMPN 2 Tanjung Jabung Timur

Prasojo, Prasojo (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Kalor dan Perpindahannya Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kritis di Kelas VII SMPN 2 Tanjung Jabung Timur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-prasojo-13708259043.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan kalor dan perpindahannya, (2) menyusun perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan kalor dan perpindahannya yang layak, (3) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan kalor dan perpindahannya untuk meningkatkan KPS peserta didik kelas VII SMPN 2 Tanjung Jabung Timur, dan (4) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri pada pokok bahasan kalor dan perpindahannya untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMPN 2 Tanjung Jabung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang terdiri dari 10 langkah yang diadaptasi dari metode yang dikembangkan oleh Borg & Gall, tetapi penelitian ini hanya melaksanakan langkah 1 sampai dengan 7 yaitu: studi pendahuluan, perencanaan penelitian, pengembangan produk awal dan validasi, uji coba terbatas produk awal, revisi produk uji coba terbatas, uji coba lapangan produk utama, revisi produk hasil uji coba lapangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 2 Tanjung Jabung Timur, yaitu 6 peserta didik kelas VIIa untuk uji coba terbatas, sedangkan untuk uji coba lebih luas sebanyak 52 peserta didik yaitu 26 peserta didik dari kelas VIIc sebagai kelas eksperimen dan 26 peserta didik kelas VIIb sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi perangkat pembelajaran, angket, lembar observasi KPS, dan tes berpikir kritis. Masukan dan saran terhadap perangkat pembelajaran hasil pengembangan digunakan sebagai dasar perbaikan perangkat pembelajaran pada tahap berikutnya. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: (1) karakteristik perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing yaitu kegiatan pembelajaranya mengikuti sintak inkuiri terbimbing untuk menumbuhkembangkan KPS dan berpikir kritis, (2) perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan berpikir kritis telah layak digunakan dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan kalor dan perpindahannya; (3) perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan mampu meningkatkan KPS peserta didik; (4) perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan mampu meningkatkan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains (KPS), dan berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Sep 2015 09:05
Last Modified: 09 May 2019 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26015

Actions (login required)

View Item View Item