Bayu, Samudra (2015) KEBIJAKAN SEKOLAH TENTANG MITIGASI BENCANA DI SMA NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, UNY.
Text
Bayu Samudra 11110241034 Kebijakan Pendidikan .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kebijakan Sekolah Tentang Mitigasi Bencana di SMA N 2 Klaten, 2) penerapan Kebijakan Mitigasi Struktural dan Non-Struktural di SMA N 2 Klaten, 3) program-program sekolah mengenai Mitigasi Bencana SMA N 2 Klaten, dan 4) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Kebijakan Mitigasi Bencana di SMA N 2 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu usaha untuk mengungkap fakta, keadaan, fenomena, dan keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan dan menyuguhkan apa adanya. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa SMA N 2 Klaten. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah 1) Kebijakan tentang Mitigasi Bencana di SMA N 2 Klaten menerapkan 5 komponen dalam perumusan kebijakan pendidikan yaitu tujuan, rencana, program, keputusan, dan dampak, 2) Penerapan Kebijakan di SMA N 2 Klaten bentuk mitigasi struktural dengan memperkuat bangunan sekolah tahan gempa dan membuat area terbuka di dalam lingkungan sekolah, sedangkan dalam bentuk non-struktural, di antaranya seperti melakukan sosialisasi/workshop mengenai mitigasi bencana untuk siswa, guru dan karyawan sekolah, mengadakan simulasi dengan BPBD dan adanya kurikulum mengenai pendidikan mitigasi bencana, 3) program-program yang diterapkan SMA N 2 Klaten mengenai Mitigasi Bencana adalah pembuatan area terbuka di lingkungan sekolah, pembuatan ruang kelas tahan gempa, penerapan sistem buka pintu mengara keluar sesuai dengan prinsip bangunan mitigasi bencana, seminar/workshop untuk guru dan siswa, dan pembelajaran Mitigasi Bencana pada mata pelajaran Geografi, dan 4) faktor pendukung Kebijakan Mitigasi di SMA N 2 Klaten kemampuan menjalin kerjasama dengan lembaga (BPBD, BLH, PMI, BPPTK), kemampuan menjalin hubungan dengan alumni, bantuan dari Pemerintah Kabupaten Klaten dalam penyusunan Kurikulum Pendidikan Kebencanaan, sedangkan faktor penghambat yaitu lemahnya kesadaran tentang Pendidikan Mitigasi Bencana, rendahnya pengaplikasian teori tentang mitigasi bencana, tidak semua guru mendukung kebijakan mitigasi bencana, kekurangan dana dalam melaksanakan kegiatan dan sulitnya mencari percontohan sekolah yang menerapkan kebijakan mitigasi bencana.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebijakan, Mitigasi, Bencana |
Subjects: | Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan |
Depositing User: | Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 09 Sep 2015 04:51 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 03:24 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26011 |
Actions (login required)
View Item |