Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah dan Implementasinya pada Pembelajaran IPA Berdasarkan Kurikulum 2013 Tema “Kalor dalam Sistem Kehidupan” di Madrash Tsanawiyah

Jazaroh, Prapti (2015) Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah dan Implementasinya pada Pembelajaran IPA Berdasarkan Kurikulum 2013 Tema “Kalor dalam Sistem Kehidupan” di Madrash Tsanawiyah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-prapti-jazaroh-13708259028.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan instrumen penilaian sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA yang layak untuk mengukur sikap ilmiah siswa, (2) mengetahui hasil penilaian sikap ilmiah peserta didik berdasarkan implementasinya dalam pembelajaran IPA tema “kalor dalam sistem kehidupan”. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan instrumen ini mengadaptasi model pengembangan Borg and Goll (1983). Jenis isntrumen yang dikembangkan yaitu lembar observasi, lembar penilaian diri dan penilaian antar teman. Teknik analisa data yang digunakan meliputi: (1) estimasi reliabilitas instrumen menggunakan formula Borich dan Alpha Cronbach, (2) uji validitas empiris instrumen menggunakan analisis SPSS versi 16,0, (3) penyusunan kategori sikap ilmiah peserta didik, dan (4) memperoleh gambaran sikap ilmiah peserta didik dalam pembelajaran IPA. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Telah didapatkan instrumen penilaian sikap ilmiah peserta didik yang valid secara teoritis dari penilaian para ahli dengan kategori sangat baik. Secara empiris lembar observasi memiliki tingkat korelasi antar pengamat yang sangat tinggi yaitu 97,92%; lembar penilaian diri memiliki indek reliabilitas yang tinggi yaitu 0,813 dengan indek validitas 0,307 – 0,604 menunjukkan butir instrumen valid; lembar penilaian antar teman memiliki indek validitas 0,307 – 0,827 menunjukkan butir instrumen valid dan tingkat korelasi antar penilai sangat tinggi antara 97,22% - 99,50%. (2) Hasil implementasi menunjukkan bahwa rata-rata sikap ilmiah peserta didik pada kategori tinggi dengan korelasi antar jenis instrumen sebesar 85%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penilaian, sikap ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Sep 2015 04:50
Last Modified: 09 May 2019 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26006

Actions (login required)

View Item View Item