Pengembangan Subject-Specific Pedagogy (SSP) Materi Ekosistem Pendekatan SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA/MA di Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur

Imtihan, Nurul (2015) Pengembangan Subject-Specific Pedagogy (SSP) Materi Ekosistem Pendekatan SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA/MA di Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurul-imtihan-12708251026.swf

Download (70MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kelayakan produk SSP materi ekosistem pendekatan SETS, dan (2) efektivitas penerapan SSP materi ekosistem pendekatan SETS untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA/MA di Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model 4-D (four-D model) dengan empat tahapan: define, design, develop (validasi, uji coba terbatas, dan uji coba luas), dan disseminate. Produk yang dikembangkan adalah: silabus, RPP, buku materi, LKPD, dan lembar penilaian tes (pretest dan posttest). Subjek penelitian adalah kelas X SMA/MA di Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur. Penyusunan SSP ini melibatkan delapan validator dan responden sebanyak 202 siswa yang terdiri atas: 49 siswa kelas X SMA/MA pada uji coba terbatas, 87 siswa kelas XII SMA/MA pada uji coba soal, dan 66 siswa kelompok uji coba luas di SMAN 1 Montong Gading yang meliputi: 33 siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol, serta 33 siswa kelas X IPA 2 sebagai kelas perlakuan. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan angket untuk mengetahui kelayakan produk SSP, serta tes untuk mengetahui efektivitas penerapan SSP untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penerapan SSP menggunakan Quasi Experimental Design dengan model nonrandomized control group pretets-posttest design. Analisis data kualitatif menggunakan teknik kualitatif deskriptif, sedangkan data kuantitatif menggunakan independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk SSP materi ekosistem pendekatan SETS layak dengan kategori “sangat baik” pada tahapan validasi, uji coba terbatas, dan uji coba luas, dan respon kelas kontrol dikategorikan “baik” untuk produk tes. Di samping itu, penerapan SSP materi ekosistem pendekatan SETS efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA/MA di Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: subject-specific pedagogy (SSP), SETS (science, environtment, technology, and society), ekosistem, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Sep 2015 04:50
Last Modified: 09 May 2019 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26004

Actions (login required)

View Item View Item