Pengembangan Media Pembelajaran IPA Komik Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Aplikatif dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMP

Sari, Nursina (2015) Pengembangan Media Pembelajaran IPA Komik Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Aplikatif dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nursina-sari-13708251117.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran IPA komik model inkuiri terbimbing yang layak untuk peserta didik SMP kelas VII, (2) mengetahui apakah media pembelajaran IPA komik model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir aplikatif peserta didik SMP kelas VII, dan (3) mengetahui apakah media pembelajaran IPA komik model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan sikap ilmiah peserta didik SMP kelas VII. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model yang diadaptasi dari Borg & Gall (1983). Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Validasi produk dilakukan oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media selanjutnya dinilai oleh guru IPA, dan teman sejawat dari mahasiswa Pendidikan Sains Program Pascasarjana. Subjek uji coba pada uji terbatas dilaksanakan di kelas VII A SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, sementara uji lapangan dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrument pengumpulan data berupa lembar validasi media untuk ahli materi, ahli media, guru IPA, teman sejawat dan peserta didik untuk mengetahui kualitas media komik IPA; lembar tes pilihan majemuk dan uraian untuk mengetahui keefektifan media komik IPA dalam meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir aplikatif; lembar observasi untuk mengetahui keefektifan media komik IPA dalam meningkatkan sikap ilmiah terhadap pembelajaran IPA. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Manova dan uji t dengan taraf signifkansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran IPA komik inkuiri terbimbing dinilai “sangat baik” oleh ahli materi, ahli media, guru IPA dan teman sejawat dan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA, (2) media pembelajaran IPA model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir aplikatif dengan rerata gain skor sebesar 0,59; terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata kemampuan berpikir aplikatif antara peserta didik yang menggunakan media komik IPA dan peserta didik yang tidak menggunakan media komik IPA, dan (3) media pembelajaran IPA model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan sikap ilmiah yang terlihat dari nilai rata-rata sikap ilmiah pada tiap pertemuan sebesar 85; rata-rata sikap ilmiah kelas eksperimen yang menggunakan media komik IPA berbeda dengan rata-rata sikap ilmiah kelas kontrol yang tidak menggunakan media komik IPA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media komik, model inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir aplikatif, sikap ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:34
Last Modified: 09 May 2019 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25991

Actions (login required)

View Item View Item