DAMPAK KEGIATAN MENGAKSES FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN JASA BOGA KELAS XI DI SMK N 3 WONOSARI

Dhias, Anggarefni Nurmihasti (2015) DAMPAK KEGIATAN MENGAKSES FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN JASA BOGA KELAS XI DI SMK N 3 WONOSARI. S1 thesis, FT.

[img]
Preview
Text
DHIAS-ANGGAREFNI-NURMIHASTI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

DAMPAK KEGIATAN MENGAKSES FACEBOOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN JASA BOGA KELAS XI DI SMK N 3 WONOSARI Oleh: Dhias Anggarefni Nurmihasti NIM. 06511241024 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Gambaran siswa kelas XI Jasa Boga SMK N 3 Wonosari yang sering mengakses situs jejaring sosial Facebook di sekolah. (2) Prestasi belajar siswa kelas XI Jasa Boga SMK N 3 Wonosari. (3) Dampak positif atau negatif kegiatan mengakses situs jejaring sosial Facebook terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Jasa Boga SMK N 3 Wonosari. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk jenis ex post facto. Variabel bebasnya adalah kegiatan mengakses Facebook dan variabel terikatnya yaitu prestasi belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 3 Wonosari khususnya di Kompetensi Keahlian Jasa Boga kelas XI mulai bulan Maret-Juni 2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Jasa Boga yang berjumlah 34 siswa. Data diperoleh dari hasil kuesioner dan dokumentasi hasil tes. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat uji normalitas, uji linieritas dan analisis dengan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) Hasil deskriptif seluruh siswa kelas XI Jasa Boga mempunyai Facebook. Mengenai mengakses Facebook menunjukkan bahwa sebagian besar kegiatan mengakses Facebook siswa dalam kategori kadang-kadang sebanyak 26 responden (76,5%). 2) Hasil deskriptif prestasi belajar siswa kelas XI Jasa Boga SMK N 3 Wonosari meunjukkan hasil bahwa semua siswa memiliki prestasi belajar dalam kategori sangat baik (100%). Semua siswa memiliki nilai antara 75,2 sampai 89,9 yang mana sesuai dengan ketentuan kriteria penilaian SMK aturan dari Kemendikbud dalam kategori sangat baik. 3) Tidak terdapat dampak antara kegiatan mengakses Facebook terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Jasa Boga SMK Negeri 3 Wonosari, dibuktikan dengan nilai r hitung mengakses Facebook sebesar 0,191 dengan nilai signifikansi sebesar 0,280.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:01
Last Modified: 30 Jan 2019 03:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25986

Actions (login required)

View Item View Item