Pengaruh Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah, Berkomunikasi, dan Berkolaborasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Bondowoso

Fananta, Muhammad Randy (2015) Pengaruh Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah, Berkomunikasi, dan Berkolaborasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Bondowoso. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-randy-fananta-13708251068.swf

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran fisika berbasis proyek terhadap keterampilan pemecahan masalah, berkomunikasi dan berkolaborasi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Desain penelitian adalah posttest-only control design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI-IPA SMA Negeri 3 Bondowoso yang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 masing-masing 29 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan tehnik cluster-random sampling. Intrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa tes pemecahan masalah dan instrumen nontes berupa: (1) penilaian diri, (2) penilaian teman, (3) lembar observasi keterampilan berkomunikasi, dan (4) lembar observasi keterampilan berkolaborasi. Validitas dilakukan dengan validitas isi, konstruk dan empiris (teori respon item) yang semua telah diuji dan dinyatakan valid dan reliebel. Teknik analisis dilakukan dengan tiga tahap yaitu analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji beda mean dua kelompok MANOVA dengan uji Wilk’s lamda dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan pemecahan masalah, berkomunikasi, dan berkolaborasi pada kelas eksperimen dan kontrol yang diakibatkan adanya pengaruh pembelajaran fisika berbasis proyek. Pengaruh tersebut memberikan dampak positif terhadap keterampilan pemecahan masalah, berkomunikasi, dan berkolaborasi sehingga kelas eksperimen yang diajar dengan pembelajaran fisika berbasis proyek memiliki rata-rata skor yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran direct instruction.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran proyek, pembelajaran fisika berbasis proyek, pemecahan masalah, keterampilan berkomunikasi, keterampilan berkolaborasi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:34
Last Modified: 09 May 2019 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25962

Actions (login required)

View Item View Item