Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Pilihan Ganda untuk Mengukur dan Memetakan Ketrampilan Proses Sains Siswa SMP Kelas VII

Faqih, Muhammad Izzatul (2015) Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Pilihan Ganda untuk Mengukur dan Memetakan Ketrampilan Proses Sains Siswa SMP Kelas VII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-izzatul-faqih-13708251134.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes objektif yang layak: (1) untuk mengukur keterampilan proses sains ditinjau dari standar tes, (2) untuk mengukur keterampilan proses sains ditinjau melalui karakteristik tes, dan (3) untuk memetakan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan research & development dengan menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974). Prosedur penelitian ini meliputi (1) Define, (2) Design, (3) Develop, dan (4) Disseminate. Subjek uji coba validasi produk dilakukan pada 17 SMP di D.I.Y. Teknik pengambilan data meliputi wawancara, angket, dan tes. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar penilaian kelayakan soal dan soal tes keterampilan proses berbentuk pilihan ganda. Hasil wawancara digunakan untuk analisis kebutuhan. Hasil penilaian kelayakan digunakan untuk memperbaiki soal yang dibuat. Hasil tes digunakan untuk memetakan keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian ini berupa tes objektif yang layak secara teoritis untuk mengukur keterampilan proses sains ditinjau dari standar tes sesuai hasil validasi oleh validator. Soal tes juga valid secara empiris dan setiap butir soalnya memiliki daya beda > 0.25, perbandingan tingkat kesukaran rendah:sedang:tinggi sebesar 13.9%: 72.2% : 13.9%, pengecoh dipilih minimal 2.5% dari semua responden, dan nilai reliabilitas sebesar 0.71. Jumlah soal sebanyak 36 butir soal. Soal tersebut digunakan untuk memetakan keterampilan proses sains pada 15 sekolah di Kabupaten Gunungkidul dengan tiga grade yang berbeda, yaitu: tinggi, sedang, dan rendah. Sekolah dengan grade tinggi memiliki keterampilan proses yang lebih tinggi dari grade sedang dan rendah, grade sekolah sedang memiliki keterampilan proses yang lebih rendah dari grade tinggi dan lebih tinggi dari grade rendah, sedangkan sekolah dengan grade rendah memiliki keterampilan proses lebih rendah dari sekolah dengan grade tinggi maupun sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrumen, tes pilihan ganda, keterampilan proses sains
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:34
Last Modified: 09 May 2019 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25961

Actions (login required)

View Item View Item