Study Implementasi Penilaian Pembelajaran Fisika Berbasis Higher Order Thinking di SMA Negeri se kota Yogyakarta

Syukur, Muh. Syarif S. Abd. (2015) Study Implementasi Penilaian Pembelajaran Fisika Berbasis Higher Order Thinking di SMA Negeri se kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muh-syarif-s-abd-syukur-13708251102.swf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penilaian pembelajaran fisika berbasis higher order thinking di SMA Negeri se kota Yogyakarta, ditinjau dari 1) kinerja guru fisika terhadap penilaian pembelajaran fisika; 2) kemampuan guru fisika menyusun tes hasil belajar; dan 3) implementasi penilaian tes hasil belajar peserta didik berbasis higher order thinking. Penelitian ini digolongkan dalam jenis penelitian survei. Penelitian ini dilaksanakan pada 11 SMA Negeri di wilayah kota Yogyakarta. Subjek penelitian adalah guru fisika berstatus PNS dan guru tetap yang mengajar di kelas X pada semester 1 tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 11 orang. Sumber data yaitu 11 dokumen perangkat tes buatan guru, 11 guru, dan 327 siswa. Instrumen pengumpulan data terdiri dari angket untuk guru dan siswa, dan pedoman penilaian dokumen perangkat tes. Analisis data menggunakan pendekatan statistik deskriptif dan persentase pada semua aspek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kinerja guru fisika terhadap penilaian pembelajaran fisika tergolong sangat baik; 2) kemampuan guru fisika menyusun tes hasil belajar tergolong sangat baik; dan 3) implementasi penilaian pembelajaran fisika berbasis higher order thinking tergolong sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Penilaian, pembelajaran fisika, higher order thinking
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:34
Last Modified: 09 May 2019 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25959

Actions (login required)

View Item View Item