Studi Keterlaksanaan Pembelajaran Fisika Berbasis Scientific Approach di SMA Negeri Kota Yogyakarta

Suluh, Melkianus (2015) Studi Keterlaksanaan Pembelajaran Fisika Berbasis Scientific Approach di SMA Negeri Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-melkianus-suluh-13708251091.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persepsi pemahaman dan persepsi keterlaksanaan pendekatan ilmiah (scientific approach) guru fisika SMA Negeri Kota Yogyakarta, (2) keterlaksanaan pembelajaran fisika berbasis pendekatan ilmiah (scientific approach) (3) hubungan antara keterlaksanaan pembelajaran fisika berbasis pendekatan ilmiah (scientific approach) dengan persepsi keterlaksanaan pendekatan ilmiah (scientific approach) guru fisika SMA Negeri Kota Yogyakarta, (4) hubungan antara latar belakang pendidikan guru dengan keterlaksanaan pembelajaran fisika berbasis pendekatan ilmiah (scientific approach), dan (5) hubungan antara kemampuan merencanakan pembelajaran dengan kemampuan guru melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan pendekatan deskriptif korelasional. Sampel penelitian meliputi 18 guru fisika yang tersebar pada 10 SMA Negeri di Kota Yogyakarta, diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket, lembar pengamatan, dan lembar dokumentasi. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi Spearman. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) Persepsi pemahaman dan persepsi keterlaksanaan pendekatan ilmiah (scientific approach) guru fisika SMA Negeri Kota Yogyakarta sangat baik. (2) Keterlaksanaan pembelajaran fisika berbasis pendekatan ilmiah (scientific approach) telah berjalan dengan baik. (3) Tidak terdapat hubungan antara keterlaksanaan pembelajaran fisika dengan persepsi keterlaksanaan pendekatan ilmiah (scientific approach) guru fisika SMA Negeri Kota Yogyakarta. (4) Terdapat hubungan yang positif dan siginifikan antara latar belakang pendidikan dengan keterlaksanaan pembelajaran fisika berbasis pendekatan ilmiah (scientific approach). (5) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan merencanakan pembelajaran dengan kemampuan guru melaksanakan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Ilmiah, Persepsi, Kemampuan Guru, dan Latar Belakang Pendidikan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:34
Last Modified: 09 May 2019 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25957

Actions (login required)

View Item View Item