KEEFEKTIFAN TEKNIK PAPAN CERITA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TURI, SLEMAN, YOGYAKARTA

Ayu Fitriana, Retno (2015) KEEFEKTIFAN TEKNIK PAPAN CERITA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TURI, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (416MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan menulis teks cerita pendek antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan teknik papan cerita dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan teknik papan cerita pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turi, dan (2) menguji keefektifan penggunaan teknik papan cerita dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turi. Teknik papan cerita dipilih karena teknik membantu memudahkan siswa dalam menulis teks cerita pendek, terutama untuk mengembangkan ide atau gagasan siswa melalui gambar visual. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest Posttest Design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu (1) variabel bebas berupa teknik papan cerita, (2) variabel terikat berupa kemampuan menulis teks cerita pendek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sample. Berdasarkan teknik cluster sample, kelas VIIB ditetapkan sebagai kelompok kontrol dan kelas VIID sebagai kelompok eksperimen. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu tes awal dan tes akhir. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil uji-t skor tes akhir kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, menunjukkan thitung sebesar 2,479, db 62, dan nilai P sebesar 0,016. Nilai P lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,05). Hasil penghitungan uji-t skor tes awal dan tes akhir kemampuan menulis teks cerita pendek kelompok eksperimen menunjukkan thitung sebesar 14,655, db 62, dan nilai P 0,000. Nilai P lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,05). Berdasarkan hasil penghitungan tersebut, simpulan hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis teks cerita pendek antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan teknik papan cerita dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan teknik papan cerita pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turi, dan (2) teknik papan cerita efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Turi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 08 Sep 2015 03:35
Last Modified: 30 Jan 2019 03:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25947

Actions (login required)

View Item View Item