Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android pada Materi Asam Basa untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Prestasi Kognitif Siswa SMA

Mar'attus, Solihah (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android pada Materi Asam Basa untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Prestasi Kognitif Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mar'attus-solihah-13708251098.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis android pada materi asam basa untuk siswa; 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran kimia berbasis android yang dikembangkan; dan 3) mengetahui perbedaan peningkatan kemandirian belajar dan prestasi kognitif siswa yang menggunakan media pembelajaran kimia berbasis android dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi tiga bagian yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk dan evaluasi produk. Penilaian produk dilakukan oleh satu ahli media, satu ahli materi, dan lima guru kimia. Uji coba produk dilakukan kepada siswa kelas XI SMA dengan rincian lima siswa untuk uji coba awal, 10 siswa untuk uji coba lapangan, dan 21 siswa kelas XI SMAN 2 Wonosari untuk uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian media, angket kemandirian belajar,dan tes soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran memiliki karakteristik: (a) berbentuk software dengan ekstensi apk, (b) dioperasikan secara non-online pada android versi 3.0, (c) media terdiri atas materi dan evaluasi dalam bentuk permainan dengan sistem level dan nyawa; 2) media pembelajaran dinilai layak digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari penilaian aspek materi, media dan hasil uji coba siswa; serta 3) terdapat perbedaan peningkatan kemandirian belajar dan prestasi kognitif siswa antara kelas yang menggunakan media pembelajaran dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Kemandirian Belajar, Prestasi Kognitif, Asam Basa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:34
Last Modified: 09 May 2019 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25946

Actions (login required)

View Item View Item