Pengembangan Subject Specific Pedagogy Kimia Berbasis Pendidikan Berkelanjutan untuk Meningkatkan Literasi Kimia dan Kesadaran Terhadap Lingkungan Siswa Kelas X SMA

Perkasa, Magfirah (2015) Pengembangan Subject Specific Pedagogy Kimia Berbasis Pendidikan Berkelanjutan untuk Meningkatkan Literasi Kimia dan Kesadaran Terhadap Lingkungan Siswa Kelas X SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maghfirah-perkasa-13708251079.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengembangan SSP kimia berbasis pendidikan berkelanjutan untuk meningkatkan literasi kimia dan kesadaran terhadap lingkungan siswa kelas X SMA; 2) mengetahui kelayakan SSP kimia berbasis pendidikan berkelanjutan untuk meningkatkan literasi kimia dan kesadaran terhadap lingkungan siswa kelas X SMA; dan 3) mengetahui efektifitas SSP kimia berbasis pendidikan berkelanjutan untuk meningkatkan literasi kimia dan kesadaran terhadap lingkungan siswa kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research & development (R & D) dengan menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Dick & Carey yang dimodifikasi menjadi lima tahap yaitu: 1) pendahuluan; 2) analisis; 3) perancangan; 4) pengembangan; dan 5) pengujian. Uji coba produk dilakukan di SMA Negeri 11 Yogyakarta dengan 66 subjek uji. Produk diujikan pada dua tahap yaitu uji coba terbatas dengan 10 orang siswa kelas X-E, uji coba lapangan dengan 28 orang siswa kelas X-F sebagai kelas eksperimen dan 28 orang siswa kelas X-D sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan SSP kimia berbasis pendidikan berkelanjutan dan kelas kontrol dengan perangkat pembelajaran berbasis inquiry. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi, tes literasi kimia, lembar penilaian diri dan lembar penilaian antar teman kesadaran terhadap lingkungan. Produk SSP kimia divalidasi secara kualitatif dan kuantitatif. Validasi logis dilakukan oleh dosen ahli dan guru kimia dan validasi empiris dengan mengujikan tes literasi kimia pada kelas XI IPA 1 SMA Negeri 11 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Karakteristik SSP kimia berbasis pendidikan berkelanjutan untuk meningkatkan literasi kimia dan kesadaran terhadap lingkungan siswa kelas X SMA yaitu menggunakan model experiential learning pada materi hidrokarbon, tes literasi kimia disusun berformat benar-salah beralasan, kesadaran terhadap lingkungan diukur menggunakan lembar penilaian diri dan penilaian antar teman; 2) SSP kimia berbasis pendidikan berkelanjutan layak digunakan untuk meningkatkan literasi kimia dan kesadaran terhadap lingkungan siswa kelas X SMA dengan kategori sangat baik; dan 3) SSP kimia berbasis pendidikan berkelanjutan efektif untuk meningkatkan literasi kimia dengan nilai sig 0,001 serta efektif untuk meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan siswa kelas X SMA dengan nilai sig 0,000 menggunakan uji Kruskal-Wallis pada taraf signifikansi 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SSP kimia, pendidikan berkelanjutan, experiential learning, literasi kimia, kesadaran terhadap lingkungan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:34
Last Modified: 09 May 2019 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25945

Actions (login required)

View Item View Item