Keefektifan Model Pembelajaran Discovery dan Problem Based Learning Ditinjau dari Keterampilan Proses dan Pemahaman Konsep IPA SMP Materi Suhu dan Pemuaian

Indriyanti, Lulus (2015) Keefektifan Model Pembelajaran Discovery dan Problem Based Learning Ditinjau dari Keterampilan Proses dan Pemahaman Konsep IPA SMP Materi Suhu dan Pemuaian. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lulus-indriyanti-13708259044.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan model pembelajaran discovery daripada model pembelajaran PBL ditinjau dari keterampilan proses, (2) keefektifan model pembelajaran discovery daripada model pembelajaran PBL ditinjau dari pemahaman konsep IPA, dan (3) keefektifan model pembelajaran discovery daripada model pembelajaran PBL ditinjau dari keterampilan proses dan pemahaman konsep IPA peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Klaten. Aspek keterampilan proses peserta didik yang diteliti yaitu mengobservasi, mengklasifikasikan, membuat hipotesis, membuat kesimpulan, dan mengkomunikasikan. Aspek pemahaman konsep IPA meliputi mengetahui, menyebutkan, menjelaskan, dan mengkonversi. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest experiment group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel sebanyak dua kelas ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu kelas VIIC dan VIIB. Kelas VIIC merupakan kelompok eksperimen 1 yang diberi perlakuan model pembelajaran discovery. Kelas VIIB sebagai kelompok eksperimen 2 dengan model pembelajaran berbasis masalah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes keterampilan proses dan tes pemahaman konsep IPA. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji multivariat (Manova). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran discovery lebih efektif daripada model pembelajaran PBL ditinjau dari keterampilan proses, (2) model pembelajaran discovery lebih efektif daripada model pembelajaran PBL ditinjau dari pemahaman konsep IPA, dan (3) model pembelajaran discovery lebih efektif daripada model pembelajaran PBL ditinjau dari keterampilan proses dan pemahaman konsep IPA peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Klaten.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, model pembelajaran discovery, model pembelajaran PBL, keterampilan proses, pemahaman konsep IPA
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:34
Last Modified: 09 May 2019 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25942

Actions (login required)

View Item View Item