Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Kerja Sama dalam Pembelajaran IPA di SMPN 4 Klaten

Gustini, Linda (2015) Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Kerja Sama dalam Pembelajaran IPA di SMPN 4 Klaten. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-linda-gustini-13708259049.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan: (1) kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan kerja sama, (2) kemampuan pemecahan masalah, dan (3) keterampilan kerja sama peserta didik kelas VII SMPN 4 Klaten dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan pretes-posttest experiment group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 4 Klaten tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri atas 315 orang peserta didik. Sampel sebanyak dua kelas dipilih dengan teknik purposive cluster random sampling. Kelas VII H yang berjumlah 34 peserta didik sebagai kelompok Eksperimen 1 dan kelas VII D yang berjumlah 31 peserta didik sebagai kelompok Eksperimen 2. Kelompok Eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan kelompok Ekspeimen 2 menggunakan model pembelajaran diskoveri. Data dikumpulkan dengan tes dan lembar observasi. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek efektif untuk meningkatkan (1) kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan kerja sama, (2) kemampuan pemecahan masalah, dan (3) model pembelajaran berbasis proyek tidak efektif untuk meningkatkan keterampilan kerja sama peserta didik kelas VII dalam pembelajaran IPA di SMPN 4 Klaten.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran diskoveri, kemampuan pemecahan masalah, keterampilan kerja sama
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:34
Last Modified: 09 May 2019 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25939

Actions (login required)

View Item View Item