Listyantoko, Tondo (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI EPISODIC MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Skripsi - Tondo Listyantoko - 11201241056.pdf Download (17MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) membuktikan adanya perbedaan kemampuan menulis teks cerpen antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Episodic Mapping dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Episodic Mapping, (2) membuktikan keefektifan strategi Episodic Mapping terhadap pembelajaran menulis teks cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan rancangan pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini adalah, variabel bebas, yaitu strategi Episodic Mapping, dan variabel terikat, yaitu kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 6 Magelang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Magelang. Sampel penelitian adalah kelas VII D dan VII E. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis teks cerpen. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan thitung sebesar 3,358 dengan df 60. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel (thitung: 3,358 > ttabel: 2,000), dengan df 60 dengan P sebesar 0,001 lebih kecil daripada taraf signifikasi 5% (P < 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis teks cerpen antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil analisis uji-t skor pretest dan posttest kemampuan menulis teks cerpen kelompok eksperimen menunjukkan besarnya thitung adalah 10,728 dengan df 29. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel (thitung: 10,728 > ttabel: 2,045). Hasil uji-t pada skor pretest dan posttest kelompok eksperimen menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis teks cerpen pada saat pretest dan posttest. Maka, dapat disimpulkan bahwa strategi Episodic Mapping efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerpen.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
Date Deposited: | 08 Sep 2015 03:20 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 03:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25938 |
Actions (login required)
View Item |